BKKBN DIY Bersama Fakultas Psikologi UGM dan PJ Yogyakarta Buka Sekolah Orang Tua Hebat Kelompok BKB Permata Hati

0
3 views
bkkbn-diy-bersama-fakultas-psikologi-ugm-dan-pj-yogyakarta-buka-sekolah-orang-tua-hebat-kelompok-bkb-permata-hati
Bangga Kencana II Yogyakarta – PJ Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Wirawan Hario Yudho, S.H Bersama BKKBN DIY dan Fakultas Psikologi UGM mencanangkan Sekolah Orangtua Hebat (SOTH) Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Permata Hati, Kamis (26/1) Bertempat di Masjid At Taqwa Soronatan. Sasaran program ini adalah orang tua balita yang ada di Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta.
bkkbn-diy-bersama-fakultas-psikologi-ugm-dan-pj-yogyakarta-buka-sekolah-orang-tua-hebat-kelompok-bkb-permata-hati

“Program ini adalah salah satu ikhtiar kita membentuk generasi penerus yang unggul dan tangguh menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Wirawan Hario.

Masih menurut Wirawan, Orangtua saat ini perlu diberikan bekal lebih dalam mendidik anak. Banyak tantangan yang dihadapi keluarga Indonesia antara lain pernikahan yang tidak disiapkan dengan matang, meningkatnya pernikahan di usia anak (pernikahan dini), kompetensi untuk menjadi orang tua yang masih sangat terbatas, pendidikan masyarakat yang rendah, keterbatasan kondisi ekonomi, serta angka perceraian yang terus meningkat yang pada akhirnya memperbesar resiko orang tua dalam melakukan praktek pengasuhan yang kurang optimal. Pengetahuan, sikap, dan keterampilan orang tua yang masih terbatas untuk melakukan pengasuhan yang baik juga akan memperbesar resiko gangguan pada tumbuh kembang anak.

Korbid KBKR dr. Iin Nadzifah Hamid, dalam sambutannya mewakili Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin S.H. M.M.,  mengungkapkan selama ini BKKBN telah melakukan berbagai pendekatan berbasis pembinaan keluarga melalui Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

“Saat ini Kota Yogyakarta dijadikan pilot project, semoga selanjutnya dapat ditularkan dan diaplikasikan di kabupaten lain di DIY,” harapnya. Lebih lanjut, Iin juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para stakeholder yang telah peduli dan berkolaborasi tanpa henti dalam upaya penurunan stunting terutama di Kota Yogyakarta.

gandeng-fakultas-psikologi-ugm-bkkbn-diy-buka-soth-bkb-permata-hati

Banyak cara ditempuh BKKBN untuk meningkatkan kualitas pengasuhan tumbuh kembang anak di dalam keluarga. SOTH merupakan pengembangan dari model pembelajaran Bina Keluarga Balita. Program SOTH yang dikembangkan di DIY merupakan kerjasama BKKBN DIY dengan Fakultas Psikologi UGM melalui unit Center for Life-span Development (CLSD).

Yang membedakan adalah pada SOTH pembelajaran tentang pengasuhan anak diberikan secara lebih fokus dan dengan rencana pembelajaran atau kurikulum yang lebih terstruktur. Dalam “sekolah” ini peserta akan diberikan 13 sesi materi yang akan selesai dalam kurun waktu 6 (enam) bulan. Setelah menerima materi dan dinyatakan lulus, nantinya peserta akan diwisuda pada bulan Juni.

bkkbn-diy-dan-fakultas-psikologi-ugm-buka-sekolah-orang-tua-hebat

Kegiatan pencanangan Sekolah Orang Tua Hebat ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerja sama Fakultas Psikologi UGM Dr. Wenty Marina Minza, M.A, Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta Ir. Edy Muhammad, Ketua RW Hj. Muhammad Fauzi Noor Afshochi, serta jajaran Forkom Kemantren Ngampilan. Dalam kesempatan tersebut, pencanangan dilakukan secara simbolis dengan pemasangkan name tag dan pembagian sekolah kit kepada perwakilan peserta.@Red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here