BKKBN Jatim Bersama Kader IMP Sosialisasi Bangga Kencana di Hotel Platinum Surabaya

0
5 views
bkkbn-jatim-bersama-kader-imp-sosialisasi-bangga-kencana-di-hotel-platinum-surabaya
Bangga Kencana || Surabaya – BKKBN Jatim menggelar kegiatan Penguatan Kelembangaan Institusi Masyarakat Pedesaan bertempat di Hotel Platinum tanggal 8 hingga 9 Desember 2022. Dan mengundang 38 perwakilan Paguyuban Kader IMP.

bkkbn-jatim-bersama-kader-imp-sosialisasi-bangga-kencana-di-hotel-platinum-surabayaPada pertemuan itu diberikan berbagai materi penguatan program Bangga Kencana yang disampaikan oleh Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana, Widiatmoko beserta tim Penyuluh KB Jawa Timur serta Koordinator Bidang Advokasi Penggerakan Informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim, Sofia Hanik. Peserta juga mendiskusikan solusi atas berbagai kendala yang ditemui di lapangan saat melakukan sosialisasi program Bangga Kencana.

Kedudukan dan peran Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam pembangunan KB di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Sejak dirintisnya pola pembinaan peserta KB yang melibatkan masyarakat pada era 1975–an, IMP telah menunjukkkan eksistensi dan perannya dalam menyukseskan program Keluarga Berencana.

Di era otonomi daerah peran kader IMP menjadi krusial dalam mempertahankan keberhasilan program KB seiring dengan berkurangnya jumlah Penyuluh KB di berbagai wilayah.

bkkbn-jatim-gelar-penguatan-program-banggakencana-di-hotel-platinum-surabayaKepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas dukungan kader IMP sekaligus menitipkan program Bangga Kencana khususnya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mewujudkan keluarga berkualitas. Hal ini mendapat respon positif dari kader IMP yang menyatakan kesiapannya mendukung program Bangga Kencana.

“Selain itu PR kita mengawal pencegahan dan penurunan stunting. Jawa Timur berdasarkan hasil SSGI 2021 angkanya 23,5 persen. Masih tingginya perkawinan anak, angka kematian ibu dan angka kematian bayi, kami berharap terus diberikan pendampingan,” lanjut Erna.

Erna berharap kedepan mekanisme operasional atau dukungan anggaran kepada kader IMP dapat difasilitasi untuk menunjang kegiatan kader di lini lapangan dalam menyosialisasikan program Bangga Kencana.

Koordinator Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Sofia Hanik mengemukakan hingga saat ini jumlah kader IMP di Jawa Timur adalah 8.673 di tingkat kelurahan atau desa (PPKBD) dan 62.725 di wilayah RT atau RW (subPPKBD).

bkkbn-jatim-gelar-penguatan-program-banggakencana-di-hotel-platinum-surabaya“Dalam mendukung program Bangga Kencana Kader IMP memiliki 6 peran yang disebut “Enam Peran Bakti” meliputi pengorganisasian, pertemuan, KIE dan Konseling, Pencatatan Pendataan, Pelayanan Kegiatan dan Kemandirian,” pungkas Sofia. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here