BKKBN Jatim Wisuda 130 Lansia SELANTANG Angkatan Pertama

0
106 views
bkkbn-jatim-wisuda-130-lansia-selantang-angkatan-pertama
Bangga Kencana || Jombang – Setelah sukses membentuk pilot project Sekolah Lansia Tangguh pada Maret 2022 di Kabupaten Jombang, Malang dan Kota Pasuruan. BKKBN Jatim mewisuda 130 lansia angkatan pertama SELANTANG (Sekolah Lansia Tangguh) pada hari Rabu, (26/10) di Pendopo Kabupaten Jombang.

bkkbn-jatim-wisuda-130-lansia-selantang-angkatan-pertamaHadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wajab, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Maria Ernawati, Direktur Yayasan Indonesia Ramah Lansia Dwi Endah, dan Ketua TP PKK Jombang Wiwin Isnawati Sumrambah.

Wisuda SELANTANG Angkatan pertama Kabupaten Jombang, disebut Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Dra. Maria Ernawati M.M., merupakan wisuda pertama se Jawa Timur untuk pilot project SELANTANG.

“kami mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas dukungan dan kerjasama dari Ibu Mundjidah Wahab, selaku Bupati Jombang beserta jajarannya serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Dinas P2KBP3A Kabupaten Jombang, Penyuluh KB, serta Bapak dan Ibu kader kelompok BKL yang menjadi pilot project Sekolah Lansia Tangguh di Kabupaten Jombang,” Kata Maria Ernawati.

bkkbn-jatim-wisuda-130-lansia-selantang-angkatan-pertamaDilaporkan Kepala Dinas PPKB-PPPA Jombang bahwa Selantang adalah bagian dari program nasional bina keluarga lansia. Salah satu tujuannya agar lansia tidak lagi menjadi beban, tapi turut jadi pelaku pembangunan.

”Ada tujuh dimensi lansia tangguh yang diberikan selama Selantang. Yaitu spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional, dan lingkungan. ”Hari ini kami menggelar wisuda Selantang dan. Harapannya, meski di usia lansia, mereka tetap bisa produktif dan tetap berkualitas,” ungkap dr Pudji Umbaran, Kepala DPPKB-PPPA Jombang.

Arumi Bachsin, Ketua TP PKK Jawa Timur mengaku kagum melihat semangat para lansia saat di wisuda. Di usia yang sudah lanjut, mereka masih memiliki semangat untuk belajar dan mencari ilmu. ”Melalui Selantang, kita memberikan kesempatan kepada semua orang untuk belajar dan menambah ilmu,” ungkap Arumi.

Menurutnya, usia lansia harus direncanakan. Lansia harus tetap produktif, memiliki kesehatan jasmani dan rohani. ”Kita bisa berencana, mau jadi lansia yang seperti apa kita nanti, dan itu harus kita siapkan sejak usia pralansia seperti saya ini. Mudah-mudahan kita semua dapat menikmati masa lansia dan diberikan kenikmatan sehat dan bahagia,” Jelasnya.

bkkbn-jatim-wisuda-130-lansia-selantang-angkatan-pertamaBupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengapresiasi sekolah lansia tangguh di Kabupaten Jombang sebagai pilot project  yang dapat menginspirasi masyarakat Kabupaten Jombang dan berkomitmen untuk menindalanjuti pembentukan Sekolah Lansia Tangguh di daerah lainnya Karena Selantang merupakan bentuk pemberdayakan lansia sebagai lansia yang produktif, aktif, mandiri dan menjadi teladan di lingkungan sekitarnya terutama keluarga, serta bisa membantu mendukung tercapainya visi Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing. @red (nur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here