Ketua TP PKK Resmi Buka Giat Promosi Pengasuhan 1000 HPK Melalui SOTH dan SELANTANG

0
6 views
ketua-tp-pkk-resmi-buka-giat-promosi-pengasuhan-1000-hpk-melalui-soth-dan-selantang
Bangga Kencana || Surabaya – Perwakilan BKKBN Jatim menggelar Kegiatan Advokasi dan KIE Promosi Pengasuhan 1000 HPK melalui Pembentukan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh se-Jawa Timur. Senin (24/10/2022). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE di Hotel Grand Daffam Signature Surabaya.

ketua-tp-pkk-resmi-buka-giat-promosi-pengasuhan-1000-hpk-melalui-soth-dan-selantangPeserta pada kegiatan ini terdiri dari ketua TP PKK se-Jawa Timur, BAKORWIL 1 s.d V Provinsi Jawa Timur, Ketua Pokja 2 dan Ketua Pokja 4 TP PKK Prov Jatim dan kabupaten/kota, Kepala Bidang KSPK OPD KB Kabupaten se Jawa Timur. Ketua Dharma Wanita Persatuan BKKBN Prov Jatim, Perkumpulan Juang Kencana, Ketua BPD AKU, ketua Pusyan Gatra 1 & 2 total peserta adalah 185 orang.

Percepatan penurunan stunting menjadi prioritas pembangunan yang dituangkan dalam  Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Angka prevalensinya ditargetkan dapat diturunkan menjadi 14 persen di tahun 2024.

Ketua TP PKK Prov Jatim Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE menekankan bahwa perlu adanya komitmen bersama dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting mulai dari TP PKK Pusat secara berjenjang sampai tingkat desa dan kelurahan untuk melakukan pendampingan keluarga. “Tidak semua lapisan masyarakat mengetahui tentang pentingnya pendampingan dan pengasuhan di masa 1000 HPK, sehingga harus ada sosialisasi secara berkala dan berjenjang” jelasnya.

ketua-tp-pkk-resmi-buka-giat-promosi-pengasuhan-1000-hpk-melalui-soth-dan-selantangIbu Arumi berpesan pula kepada seluruh TP PKK Kabupaten dan mitra agar Skema SOTH dan SELANTANG dapat diimplementasikan di kabupaten/kota karena “system yang kami bangun membuat kegiatan dapat berjalan interaktif dan kondusif”. Diharapkan dengan adanya SOTH dan SELANTANG dapat mencetak orang tua yang cerdas dan meningkatkan perah ayah dalam pengasuhan serta mencetak lansia yang sehat dan berkualitas.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur ibu Dra. Maria Ernawati, MM. dalam sambutannya Erna menyampaikan bahwa di dua tahun terakhir telah dilaksanakan pilot project SOTH di Kabupaten Pasuruan, Lamongan dan Mojokerto sedangkan untuk pilot project SELANTANG di Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang dan Kota Pasuruan.

Erna menjelaskan pula bahwa bahwa usai kegiatan hari ini, dukungan dari para mitra, khususnya TP PKK di berbagai tingkatan wilayah terhadap pelaksanaan promosi KIE 1000 HPK melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) dapat berjalan semakin solid dan harmonis. Berharap bersama-sama kita bisa ciptakan Indonesia Bebas Stunting di tahun 2045 serta lansia tangguh yang Sehat Mandiri Sejahtera. “di tangan perempuan yang geraknya cepat diharapkan cita-cita Indonesia di tahun 2045 dapat tercapai” ujarnya

Pada kegiatan ini peserta mendapatkan materi pengelolaan Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh yang disampaikan oleh Koordinator Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Prov Jatim Ibu Dra. Suhartuti, MM. serta materi Pemantauan Pertumbuhan dan Interpretasi Grafik Pertumbuhan sebagai Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan pada anak oleh Dr. M. Faizi, Sp.A (K).

ketua-tp-pkk-resmi-buka-giat-promosi-pengasuhan-1000-hpk-melalui-soth-dan-selantangDiharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat terwujud dukungan dan sinergitas dari para mitra khususnya TP PKK di berbagai wilayah terhadap pelaksanaan SOTH dan SELANTANG dan terciptanya kesepahaman komitmen pemerintah daerah mulai dari tk Kabupaten, kecamatan hinggal kelurahan terhadap pentingnya masa 1000 HPK dalam penurunan stunting. @red (nur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here