Giat BKKBN Jatim dalam Peningkatan Kapasitas Pengelola SOTH

0
10 views
giat-bkkbn-jatim-dalam-peningkatan-kapasitas-pengelola-soth
Bangga Kencana, Sidoarjo – BKKBN Jatim merupakan provinsi yang melopori pembentukan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di tahun 2022 dan berhasil membentuk SOTH di 37 Kabupaten/kota se-Jawa Timur.

giat-bkkbn-jatim-dalam-peningkatan-kapasitas-pengelola-sothDalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten/kota, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas bagi Pengelola Sekolah Orang Tua Hebat pada tanggal 22 – 23 September 2022 di Hotel Fave Sidoarjo.

Guna meningkatkan kapasitas pengelola SOTH dalam pengasuhan balita, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menghadirkan narasumber ahli dari Pakar Psikologi Perkembangan anak Irma Dianita, S.Psi, M.Psi, Dokter tumbuh kembang anak dr Dian Pratamastuti, Sp.A, serta ahli gizi Poltekes Annas Buanasita, S.KM, M.Gizi.

Menurut ahli gizi Anas Buanasita, S.KM, M.Gizi. Untuk mengoptimalkan pertumbuh dan perkembangan anak diutama asupan protein daging, ikan, telur dan hati di masa 1000 hari pertama kehidupan.

giat-bkkbn-jatim-dalam-peningkatan-kapasitas-pengelola-sothPeserta mendapatkan materi yang dapat menunjang kualitas pelaksanaan SOTH yaitu Positive Parenting Perkembangan Anak Optimal, Pemenuhan Gizi seimbang untuk ibu hamil, Baduta dan Balita dan Pantau Tumbuh Kembang Anak di 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Ibu Dra. Maria Ernawati, MM yang membuka sekaligus memberikan sambutan dan arahan pelaksanaan kegiatan.

Dalam sambutannya Ibu Erna mengucapkan rasa terimakasihnya dan mengapresiasi kepada 33 Kabupaten/Kota yang telah bersedia bekerjasama dalam penyelenggaraan SOTH di tingkat Kabupaten maupun Kota. Terlebih khususnya kepada 2 Kabupaten yang menyelenggarakan SOTH di setiap kelas kecamatan sebanyak 14 kelas di Kabupaten Trenggalek dan 24 Kelas di Kabupaten Bondowoso.

giat-bkkbn-jatim-dalam-peningkatan-kapasitas-pengelola-sothKegiatan Pemantapan Pengelolaan SOTH tidak luput dari pendampingan dari anggota DPR RI Komisi IX Bapak H. Sungkono. Dalam sambutannya H. Sungkono menyampaikan bahwa sosialisasi pengasuhan balita di masyarakat perlu ditingkatkan dengan harapan dapat mempercepat target angkat penurunan stunting 14% di tahun 2022.

Rangkaian Pemantapan pengelolaan SOTH Tahun 2022 ditutup dengan pengisian Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh pelaksana SOTH di masing-masing kabupaten/kota dan sambutan penutupan oleh ibu Dra. Suhartuti, MM selaku Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Perwakilan BKKBN Prov.Jatim. @Red

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here