SELANTANG BKKBN Jatim Dibuka di Blitar

0
1 views
selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-blitar
Bangga Kencana || Blitar – BKKBN Jatim resmikan Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) di Balai Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Blitar. Jum’at (16/9).

selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-blitarPeresmian SELANTANG kali ini istimewa karena dihadiri pula oleh Komisi IX DPR-RI, Bapak Nurhadi, Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar, Bapak Herman Widodo, SH, Camat Kanigoro, Kepala Desa Jatinom, serta para peserta SELANTANG yang terlihat sangat antusias.

Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang dari Bapak Kepala Desa Jatinom, dilanjutkan dengan sambutan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang disampaikan oleh Ibu Subkoordinator BALAN (Balita, Anak, dan Lansia), Ibu Nur Hotimah, S.Sos., M.PSDM.

Dalam sambutan yang disampaikan Ibu Nur menegaskan bahwa peningkatan jumlah penduduk lanjut usia menimbulkan konsekuensi yang kompleks, yaitu disatu sisi menunjukkan adanya peningkatan usia harapan hidup, namun disisi lain menimbulkan tantangan dari segi kesehatan dan finansial.

selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-blitarSELANTANG hadir sebagai perwujudan dari konsep belajar sepanjang hayat untuk menjawab tantangan tersebut dengan mewujudkan lansia yang SMART, yaitu lansia yang Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, dan Bermartabat.

Usai sambutan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, kegiatan kemudian dibuka secara resmi oleh Bapak Nurhadi. “Lansia berhak untuk bahagia”, ucap beliau dalam sambutannya.

Beliau mengungkapkan bahwa salah satu rahasia agar lansia dapat panjang umur adalah dengan MERASA BAHAGIA dan kebahagiaan itu dapat tercipta melalui badan dan pikiran yang sehat serta didukung oleh keluarga dan lingkungan yang mau dan mampu membahagiakan.

“Muliakanlah para lansia karena dari merekalah kita belajar tentang makna kehidupan. Saya berharap dengan adanya SELANTANG ini akan mampu mewujudkan lansia-lansia yang bahagia hingga akhir hayat di Kabupaten Blitar,” ungkap Bapak Nurhadi mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, ditempat terpisah, pembukaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Blitar dilakukan di Balai Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon.

Pembukaan SOTH kali ini dihadiri oleh Bapak Herman Widodo, SH, selaku Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar, Bapak Sekretaris Kecamatan Sanankulon, serta Kepala Desa Kalipucung. Dalam sambutan Bapak Sekcam menyatakan kesiapannya untuk mendukung terlaksananya Sekolah Orang Tua Hebat di Desa Kalipucung.

selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-blitarBeliau mengharapkan SOTH mampu menjadi wadah untuk membina para orangtua balita, khususnya, untuk menerapkan pengasuhan yang tepat guna mendukung terwujudkan Indonesia bebas stunting di kemudian hari.

SOTH maupun SELANTANG di ini merupakan yang pertama sekaligus percontohan di Kabupaten Blitar dengan jumlah peserta masing-masing sebanyak 30 orang.

“Kelak tidak menutup kemungkinan untuk mengadopsi SOTH dan SELANTANG di desa lain di tahun-tahun mendatang”, ucap Bapak Herman diakhir sambutannya. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here