SELANTANG BKKBN Jatim Dibuka di Bojonegoro

0
11 views
selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-bojonegoro
Bangga Kencana || Bojonegoro – Perwakilan BKKBN Jatim Kembali meresmikan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Balai Desa Pacul Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro. Senin (19/9/22).

selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-bojonegoroDiawali dengan ucapan selamat datang oleh Bapak Camat Kec. Bojonegoro yaitu Bpk. Mukhlisin Andi Irawan, S.STP, MM. Beliau mengungkapkan bahwa patut diapresiasi semangat para calon peserta untuk mengikuti Selantang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Ibu Dra. Sofia Hanik, MM dengan diiringi pemukulan kentongan kayu. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa BKKBN sebagai lembaga pemerintah yang mengemban amanat UU No. 52/2009 terkait pemberdayaan lansia, membuat terobosan agar para lansia menjadi produktif melalui pembentukan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang).

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis kepada 2 (dua) orang peserta Selantang yang diikuti oleh seluruh peserta dan juga pelepasan balon ke udara oleh Ketua TP PKK Kec. Bojonegoro sebagai tanda telah diresmikannya Kegiatan Selantang BKL Setia Bhakti Desa Pacul Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro.

selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-bojonegoroSelain itu, Bapak Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kab. Bojonegoro Bapak. Heru Sugiharto, SE, MM juga memberikan sambutan bahwasannya BKKBN bersama DP3AKB menyiapkan investasi Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat, produktif, handal dan bahagia mulai pada masa kehamilan hingga usia tua. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis buku panduan Selantang kepada Kepala Desa Pacul selaku Kepala Sekolah Lansia Tangguh BKL Setia Bhakti.

Selantang di Kelompok Center Of Excelent (CoE) Bina Keluarga Lansia (BKL) “Setia Bhakti” ini merupakan pelaksanaan pertama dan percontohan di Kabupaten Bojonegoro. Harapannya agar pelaksanaan ini bisa dilaksanakan di seluruh wilayah kab. Bojonegoro.

Sementara itu pada pembukaan SOTH bertempat di Balai Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro secara resmi membentuk 1 (satu) kelas SOTH yang diikuti oleh bunda-bunda yang memiliki anak usia 0-6 tahun sebanyak 30 (tiga puluh) orang dari Bina Keluarga Balita (BKB) Ceria. Pemukulan gong oleh camat sukosewu, menandakan bahwa SOTH di Kecamatan Sukosewu resmi dibuka.

Dalam sambutannya camat Kecamatan Sukosewu, Bapak Djamari menyampaikan “Manfaatkan kesempatan ini, sebagai tempat menambah ilmu tentang bagaimana kita menciptakan generasi yang cerdas. Untuk melaksanakan kegiatan ini kita perlu dukungan dari berbagai pihak, dari puskesmas, maupun KUA untuk membantu memberikan materi yang terbaik bagi bunda-bunda peserta SOTH”.

selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-bojonegoroSementara itu dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Bojonegoro, Bapak Supardi menyampaikan “Sekolah Orang Tua Hebat di Kecamatan Sukosewu adalah SOTH yang pertama di Kabupaten Bojonegoro, dalam prosesnya, sebelum membentuk SOTH di Kecamatan Sukosewu kader BKB telah dilatih di Provinsi untuk dibekali materi tentang pelaksanaan SOTH.

Harapannya dari kegiatan SOTH ini, dapat memberikan ilmu yang terbaik untuk bunda-bunda dalam mengasuh anak-anak agar menjadi generasi yang terbaik. @Red (Nur).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here