Ketua TP PKK Jatim Resmikan SOTH dan SELANTANG di Kab Bondowoso

0
113 views
arumi-bachsin-resmi-buka-soth-dan-selantang-di-kab-bondowoso
Bangga Kencana || Bondowoso – Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak SE, resmi membuka Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Pendopo Kabupaten Bondowoso yang ditandai dengan Pemukulan Gong. Senin (19/9/22).

ketua-tp-pkk-jatim-resmikan-soth-dan-selantang-di-kab-bondowosoArumi Bachsin Emil Dardak SE membuka secara resmi dengan didampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Bupati Bondowoso, Anggota DPR RI Komisi IX yang diwakili oleh M. Imron Yusuf, Ketua TP PKK Kab. Bondowoso, dan lain-lain.

Terdapat 24 (Dua Puluh Empat) SOTH dan 31 (Tiga Puluh Satu) Selantang yang tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Bondowoso. Dua diantaranya sudah siap untuk melaksanakan pembelajaran.

SOTH yang sudah siap melaksanakan pembelajaran yaitu SOTH Flamboyan di Kelurahan Dabasah Kecamatan Bondowoso dan SOTH Anggrek 3 di Kelurahan Tenggarang Kecamatan Tenggarang.

Sementara Selantang yang sudah siap melaksanakan pembelajaran yaitu Selantang BKL Tanjung Badean di Kelurahan Badean dan Selantang Barokah di Desa Wonosari Kecamatan Grujugan.

Sekolah Orang Tua Hebat merupakan sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya.

arumi-bachsin-resmi-buka-soth-dan-selantang-di-kab-bondowosoSOTH dilaksanakan secara bertahap, tertata dan terukur dengan adanya pre test dan post test sehingga dapat dipantau dengan baik. Pertemuan dilakukan secara tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali dengan materi-materi BKB HI 13 pertemuan. SOTH memiliki syarat kelulusan yang salah satunya dilihat dari kehadiran peserta.

Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7(tujuh)  Dimensi Lansia Tangguh yaitu dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosianal, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan. Selantang dilaksanakan bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) dan dilakukan secara bertahap sebanyak 12 (dua belas) pertemuan dengan kurikulum yang sudah ditentukan.

“Besar harapan kami kepada seluruh Peserta  nantinya tidak putus ditengah jalan dan dapat lulus semuanya serta dapat menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarluaskan ilmu-ilmu yang telah didapatkan” Ujar Erna, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, dalam sambutannya.

Dalam rangkaian pembukaan, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur menyerahkan paket buku pedoman kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bondowoso, yang terdiri dari Buku lansia tangguh dengan 7 Dimensi, Buku Pedoman PJP, Buku Sekolah Lansia di Kelompok BKL, dan buku Panduan SOTH di Kelompok BKB. Selain itu, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur juga menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan 4 orang peserta SOTH dan Selantang.

ketua-tp-pkk-jatim-resmikan-soth-dan-selantang-di-kab-bondowosoArumi Bachsin Emil Dardak SE berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat mendukung SOTH dan Selantang ini. Arumi Bachsin Emil Dardak SE sangat berharap bahwa semangat para ibu-ibu yang mempunyai anak balita  dan para lansia peserta SOTH dan Selantang mampu menjadi pengingat kita semua bahwa “Dengan belajar, kita akan mampu mengubah dunia. Sekalipun kita tidak dapat mengubah dunia, setidaknya kita akan mampu mengubah diri kita sendiri”.

Rangkaian Pembukaan SOTH dan Selantang di Kabupaten Bondowoso ditutup dengan Senam Maumere dan foto bersama. Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi SOTH dan Selantang beserta pengisian administrasi sekolah. @Red

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here