SOTH dan SELANTANG BKKBN Jatim Dibuka di Tuban

0
45 views
soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-tuban
Bangga Kencana || Tuban – Perwakilan BKKBN Jatim meresmikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) di Kabupaten Tuban pada hari Rabu, 14 September 2022.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-tubanPembukaan SOTH dilaksanakan di Balai Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Tuban Bapak Andhi Hartanto, S.Pd, Camat Kecamatan Plumpang, Kepala Desa Plumpang, Ketua TP PKK Desa Plumpang, Kapala Puskesmas Plumpang, dan tamu undangan yang lain serta seluruh fasilitator SOTH. Kabupaten Tuban membentuk 2 (dua) kelas SOTH yang dikuti oleh orang tua yang memiliki balita sebanyak 65 (enam puluh lima) orang.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-tubanPada pembukaan SOTH, Bapak Andhi Hartanto S.Pd menyampaikan bahwa Program pembangunan keluarga benar-benar sangat di butuhkan oleh masyarakat, mulai dari pra nikah sampai dengan lansia, terlaksananya program SOTH ini harapannya bukan hanya ceremonial saja, tetapi sebagai tempat menuntut ilmu parenting. Inilah upaya kita bersama semua komponen daerah, bahu membahu membangun masyarakat, seperti yang di canangkan mas Bupati Tuban “Bangun Desa Nata Kuta”.

Sementara itu Camat Plumpang menyampaikan bahwa pekerjaan yang paling berat adalah ibu rumah tangga, keberhasilan kita saat ini adalah hasil dari orang tua kita, saya mengapresiasi sekali program SOTH, harapannya akan terus berkembang dan anak-anak kita menjadi generasi yang terbaik.

Sedangkan pembukaan SELANTANG dilaksanakan di Balai Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding. SELANTANG di Kabupaten Tuban terdiri dari 1 (satu) kelas dengan jumlah peserta 35 (tiga puluh lima) lansia. Pembukaan SELANTANG dihadiri oleh Bapak Tulus Setyo Utomo dari DPRD Kab. Tuban, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dan Keluarga Berencana Kab. Tuban, Camat Semanding, Ketua TP PKK Semanding, Kepala Desa Prunggahan Kulon dan Ketua TP PKK Desa Prunggahan Kulon, beserta dengan tamu undangan lainnya, serta seluruh fasilitator SELANTANG.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-tubanKoordinator bidang KSPK BKKBN Jawa Timur Ibu Dra. Suhartuti, MM. menyampaikan Peningkatan jumlah penduduk lanjut usia menimbulkan konsekuensi yang kompleks. Meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia sebenarnya merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan manusia. Maka dari itu pembentukan Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG), merupakan perwujudan dari konsep belajar sepanjang hayat. Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat). @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here