SOTH dan SELANTANG BKKBN Jatim Dibuka di Lumajang

0
32 views
soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-lumajang
Bangga Kencana || Lumajang – BKKBN Jatim meresmikan Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh di Pendopo Kecamatan Yosowilangun, Kab. Lumajang. Selasa (13/9).

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-lumajangKegiatan Pembukaan Sekolah Orang Tua Hebat diresmikan Bapak Camat Yosowilangun Bapak Agni Asmara Megatra, S.STP, M.Si. Sedangkan Sekolah Lansia Tangguh diresmikan di Balai Desa Sememu Kecamatan Pasirian Kab. Lumajang oleh Bapak Kepala Desa yaitu Bapak Sutadi, S.Pd

Pembukaan SOTH dan SELANTANG ditandai dengan adanya penandatanganan surat pernyataan oleh perwakilan dari peserta dan perwakilan dari keluarga peserta. Dengan demikian peserta menyatakan kesanggupannya dalam mengikuti kegiatan sekolah sampai akhir pertemuan.

Pada tahun 2022 Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana membentuk SOTH sebanyak 4 (empat) kelas di tiga Desa yaitu, Desa Yosowilangun Lor sebanyak 2 (dua) kelas dengan jumlah peserta 60 (enam puluh) orang, Desa Yosowilangun Kidul sebanyak 1 (satu) kelas dengan peserta 30 (tiga puluh) orang, dan di Desa Kraton sebanyak 1 (satu) kelas dengan peserta 30 (tiga puluh) orang. Sedangkan untuk SELANTANG, Dinkes PP dan KB Kab. Lumajang membentu 1 (satu) kelas dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh) orang.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-lumajangPada pembukaan, Subkoordinator Bina Keluarga Balita, Anak, dan Ketahanan Lansia ibu Nur Hotimah, S.Sos, M.PSDM menjelaskan bahwa BKKBN menggagas pembentukan Sekolah Lansia Tangguh yang merupakan perwujudan dari konsep belajar sepanjang hayat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan bermartabat.

Dan di akhir sambutannya, Ibu Nur Hotimah menyampaikan harapannya agar peserta tidak putus ditengah jalan dan dapat lulus semuanya serta dapat menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarluaskan ilmu-ilmu yang telah didapatkan kepada keluarga dan para lansia lainnya.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-lumajangSekolah Orang Tua Hebat yang digagas oleh BKKBN ini merupakan terobosan yang stratefis untuk memberikan Pendidikan insentif kepada para keluarga balita yang merupakan generasi millennial. Sedangkan Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat melalui 7 (tujuh) dimensi lansia tangguh. Dengan adanya Program SOTH dan SELANTANG diharapkan Indonesia mencapai visinya mencetak Generasi Emas dan SDM yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here