SOTH dan SELANTANG BKKBN Jatim Dibuka di Ngawi

0
7 views
Bangga Kencana ||┬áNgawi – BKKBN Jatim resmikan Sekolah Orang Tua Hebat ( SOTH ) dan Sekolah Lansia Tangguh ( SELANTANG ) di kabupaten Ngawi. Kamis (8/9/22).

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-ngawiPeresmian Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh ini diresmikan pada hari yang sama namun di dua lokasi yang berbeda.

Untuk peresmian Sekolah Orang Tua Hebat dilaksanakan di Desa Bringin Kecamatan Bringin dan Sekolah Lansia Tangguh bertempat di Kecamatan Ngawi.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-ngawiSekolah Orang Tua Hebat diresmikan oleh Sekretaris Camat Kecamatan Bringin, sedangkan ditempat berbeda Sekolah Lansia Tangguh diresmikan oleh Camat Kecamatan Ngawi.

Adapun pembukaan selantang dilaksanakan di Kelompok Center Of Excelent (CoE) Bina Keluarga Lansia (BKL) Panjang Yuswo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. SELANTANG di Kabupaten Ngawi terdiri dari 1 (satu) kelas dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh) lansia.

Hadir dalam kegiatan Pembukaan SELANTANG, Sub Koordinator Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Koordinator Bidang Dalduk dan KSPK OPD KB Kabupaten Ngawi, Camat Kecamatan Ngawi, serta seluruh kader peserta SELANTANG.

Mengawali sambutannya, Yuni Dwi Tjadikianto, SE selaku Sub Koordinator Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur menjelaskan bahwa SELANTANG merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial baik didalam keluarga maupun masyarakat demi mewujudkan lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui tujuh dimensi lansia tangguh yaitu dimensi spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional dan lingkungan.

soth-dan-selantang-bkkbn-jatim-dibuka-di-ngawiCamat Kecamatan Ngawi dalam sambutannya juga sangat mendukung adanya Sekolah Lansia Tangguh ini yang diharapkan dapat mewujudkan lansia yang tangguh dan mandiri baik dari segi fisik, mental dan spiritual sehingga menjadikan lansia yang sehat sejahtera dan bahagia.

Untuk pembukaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dilaksanakan oleh Kelompok Center Of Excelent (CoE) Bina Keluarga Balita (BKB) Desa Bringin Kecamatan Bringin. SOTH di Kabupaten Ngawi terdiri dari 1 (satu) kelas dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh) peserta.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, perwakilan dari OPD KB Kabupaten Ngawi yang dalam hal ini diwakili oleh Sub Koordinator Bidang Dalduk dan KSPK, Sekretaris Camat Kecamatan Bringin, Kepala Desa Bringin, Bidan Desa Bringin, Penyuluh KB serta seluruh kader peserta SOTH.

Dwi Trinawiza A, S.Pd. M.PSDM selaku perwakilan dari Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, dalam sambutannya mengemukakan bahwa Sekolah Orang Tua Hebat merupakan jawaban dalam menghadapi stunting sebagai salah satu tantangan besar bagi kita semua dalam mewujudkan generasi mendatang menjadi generasi yang bebas stunting.

Dengan adanya Sekolah Orang Tua Hebat, para peserta akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam pola pengasuhan anak sehingga akan sangat membantu dalam proses tumbuh kembang anak.

Proses tumbuh kembang yang baik inilah yang kemudian akan menciptakan anak yang cerdas, sehat fisik dan mental, berkarakter kuat serta berperadaban unggul seperti yang tertuang dalam visi Indonesia Tahun 2045 yakni terciptanya generasi emas.

Sejalan dengan ini, Sekretaris Camat Kecamatan Bringin berharap dengan adanya Sekolah Orang Tua Hebat ini, para peserta dapat belajar banyak tentang pola pengasuhan anak secara tepat sehingga anak dapat tumbuh kembang dengan baik serta mengedepankan keteladanan dalam pola pengasuhan anak demi mewujudkan generasi yang tidak hanya memiliki SDM yang unggul namun juga berakhlak dan memiliki budi pekerti yang baik. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here