Bersama TP PKK, BKKBN Jatim Resmi Buka SOTH di Kota Blitar

0
23 views
Bangga Kencana || Blitar – BKKBN Jatim bersama dengan Ketua TP-PKK Kota Blitar serta Dinas P3AP2KB Kota Blitar meresmikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Bertempat di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Kamis (08/09/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Subkoordinator Balita, Anak dan Lansia (BALAN), Nur Hotimah S.Sos, M.PSDM., Mewakili Kaper BKKBN Prov. Jawa Timur Dra. Maria Ernawati M.M., Ketua TP-PKK Kota Blitar Feti Wulandari Santoso., Kepala Dinas P3AP2KB Kota Blitar Mokhamad Sidik, S.Sos M.AP., dan Camat Sananwetan, Purwanto, S.STP, M.M.

Peserta kegiatan yang hadir dan diresmikan sebagai mahasiswa Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) berjumlah 30 orang orang tua. Tak ayal pula, banyak peserta yang membawa anaknya yang masih balita hadir di acara. Para peserta terlihat antusias hadir di acara peresmian SOTH kali ini.

“Perkembangan anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, salah satunya berkaitan dengan pemberian asupan gizi pada makanan yang diberikan kepada anak-anak. Kami bersyukur ada SOTH di kecamatan kami, dan kami optimis ini akan menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan generasi emas di tahun 2045,” kata Purwanto dalam sambutan yang disampaikan.

Selanjutnya, Purwanto juga memberikan semangat kepada seluruh peserta atau disebutnya sebagai mahasiswa SOTH yang berasal dari BKB Asparaga Kelurahan Bendogerit, agar dapat mengikuti sekolah selama 14 pertemun nanti dengan perasaan senang.

Senada dengan Purwanto, Mokhamad Sidik juga menyampaikan bahwa adanya pembentukan SOTH ini guna untuk mencetak para orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan tumbuh kembang pada anak.

Selanjutnya, Nur Hotimah juga turut memberikan sambutan dalam pelaksanaan kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) kepada peserta yang hadir.

“Keluarga merupakan madrasah pertama dan utama bagi anak-anak yang dilahirkan. Orangtua merupakan guru, pendidik, dan role model yang pertama dan utama. Kualitas pengasuhan sangat menentukan kualitas generasi penerus yang dilahirkan oleh satu keluarga,” kata Nur Hotimah.

“Mencetak para orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan tumbuh kembang pada anak menjadi Langkah sangat strategis dalam rangka perencanaan melahirkan generasi penerus yang berkualitas serta Langkah strategis untuk mencegah bayi baru lahir stunting,” lanjut Nur Hotimah.

Diakhir sambutannya, Nur Hotimah selaku Perwakilan BKKBN Jawa Timur memberikan buku panduan SOTH secara simbolis kepada Ketua TP-PKK Kota Blitar.

Dalam kesempatan peresmian SOTH, Ketua TP-PKK Kota Blitar juga memberikan sambutan dan arahan kepada para peserta.

“Mengasuh anak dengan baik harus dipelajari, dilatih dan harus diimplementasikan kepada anggota keluarga lainnya. SOTH ini menjadi terobosan positif untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para orang tua, khususnya kepada orang tua milenial yang ada saat ini,” ungkap Ketua TP PKK Kota Blitar.

“Kami dari Tim PKK Kota Blitar sangat mendukung dengan adanya SOTH dalam rangka mencetak generasi bangsa yang hebat dan bermanfaat bagi bangsa,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, selanjutnya Ketua TP-PKK Kota Blitar didampingi dengan perwakilan BKKBN Jawa Timur, Kepala Dinas P3AP2KB Kota Blitar, Camat Sananwetan melakukan pemukulan kentungan sebagai tanda peresmin SOTH di Kota Blitar.

Dilanjutkan dengan penyematan ID Card kepada perwakilan peserta, lalu diikuti oleh siswa atau peserta yang lain.

Dalam peresmian ini, juga dihadiri Ketua TP-PKK Kecamatan Sananwetan, Lurah Bendogerit, PKB Kecamatan Sananwetan dan jajaran dari Dinas P3AP2KB Kota Blitar. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here