Sosialisasi BKKBN Jatim Bersama Kodam V / Brawijaya di Aula Makodam Surabaya

0
1 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Surabaya – Sinergi BKKBN Jatim dan TNI AD bersama rakyat menggelar sosialisasi pada program pembinaan lingkungan hidup dan KB kesehatan TA 2022 Kodam V / Brawijaya dalam wujudkan keluarga sehat dan sejahtera untuk Indonesia kuat, di Aula Makodam V/ Brawijaya, Surabaya. Selasa (6/9/22).

Hadir narasumber Perwakilan BKKBN Jatim Koordinator Bidang KBKR, Ibu Waluyo Ajeng Lukitowati, S.ST., Aster Kasdam V/Brawijaya : Kolonel Armed Wijang Rimoko Ardani, S.Sos.

Dan peserta kegiatan sejumlah 70 orang terdiri dari Pasiter, dan Bati Bakti Kodim Se Jawa Timur.

Dalam sambutannya bu Luki mengatakan bahwa pelayanan KB sebagai upaya percepatan penurunan stunting.

“Sosialisasi stunting ini membantu pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting dan sangat mengapresiasi peran dan dukungan TNI dalam mendukung program program BKKBN Jawa Timur selama ini,” ujar bu Luki.

Dikesempatan yang sama Aster Kasdam V/Brawijaya juga memberikan harapan hidup bagi generasi kita yang akan datang, bukan tugas pemerintah saja tapi TNI harus membantu.

“Betul-betul diperhatikan materi dan saling berkoordinasi dengan instansi yang ada didaerahnya masing-masing,” ujar beliau.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi adalah masalah populasi manusia yang ada di Indonesia. Perlu diketahui bahwa pada data jumlah penduduk di Jawa Timur tahun 2021 lalu mengalami kenaikan laju pertumbuhan penduduk 0,79% dari data pada tahun sebelumnya.

Sedangkan luas wilayah Jawa Timur 47,8 ribu kilometer persegi, dengan begitu tingkat kepadatan penduduk Jawa Timur mencapai rata-rata ±851 jiwa per kilometer persegi. Tentunya hal ini dapat menjadi masalah besar bagi tingkat kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Jawa Timur.

Peran Kodam V/Brawijaya dalam mengatasi adanya tantangan krisis lingkungan hidup dan laju kepadatan penduduk yaitu dengan melaksanakan Program Pembinaan Lingkungan Hidup dan KB Kesehatan yang dilaksanakan oleh

Jajaran Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) sebagai wujud kepedulian dan keseriusan untuk ikut bersama-sama Pemerintah berperan aktif dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia dan pentingnya berperan serta dalam kegiatan program KB Kesehatan.

Program Pembinaan Lingkungan Hidup dan KB Kesehatan TA 2022 dilaksanakan sepanjang tahun oleh semua Satkowil jajaran Kodam V/Brawijaya disesuaikan dengan tipologi wilayah masing-masing satuan.

Kegiatan ini semoga akan memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap upaya  penyelamatan dunia dari pengaruh global warming dan masalah kepadatan penduduk, Sebagaimana kita ketahui bersama, dunia kita saat ini sedang menghadapi permasalahan serius terkait dengan kondisi lingkungan khususnya dampak dari pemanasan global dan ledakan populasi manusia. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here