BKKBN Jatim Kembangkan SOTH dan Selantang di Kab. Sampang

0
1 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Sampang – BKKBN Jatim mengembangkan Sekolah Orang Tua Hebat ( SOTH ) dan Sekolah Lansia Tangguh ( SELANTANG ) di 38 kab/kota Jawa Timur. Salah satunya yaitu di Kabupaten Sampang.

SOTH dan SELANTANG di Kabupaten Sampang resmi dibuka pada hari Rabu, tanggal 7 September 2022.

Pada kegiatan ini hadir pula perwakilan dari BKKBN Jawa Timur Ibu Yuyun Evriana, SE selaku subkoordinator Bina Keluarga Remaja (BKR) mendampingi pembukaan SELANTANG.

Dalam sambutanya di pembukaan SELANTANG Yuyun menyampaikan harapannya agar peserta tidak putus ditengah jalan dan dapat lulus semuanya serta dapat menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarluaskan ilmu-ilmu yang telah didapatkan kepada keluarganya dan para lansia lainnya.

Sekolah Orang Tua Hebat merupakan sekolah yang digagas oleh BKKBN untuk orang tua yang memiliki balita sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak balitanya.

Dinkes dan PP Kab. Sampang dan BKKBN Jatim membentuk 1 (satu) kelas SELANTANG dengan jumlah peserta sebanyak 30 (tiga puluh) lansia. SELANTANG diresmikan oleh bapak Sekretaris Camat Sampang bapak Hanafi, M.Si di Kelompok Center of Excelent (CoE) BKL Teratai Desa Gunung Maddah Kec. Sampang Kab. Sampang.

Dinkes dan PP Kab. Sampang dan BKKBN Jatim membentuk 1 (satu) kelas dengan jumlah peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang tua. SOTH diresmikan oleh bapak Camat Jrengik yaitu Bapak Dr. Zaiful Muqaddas, ST., M.Si di Center of Excelent (CoE) Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kab. Sampang.

Dr. Zaiful menjelaskan dalam sambutannya orang tua yang menjadi murid Sekolah Orang Tua Hebat harus disiplin dalam hal kehadiran. Karena di setiap pertemuan SOTH akan mendapatkan materi penting terkait pengasuhan balita.

Berbeda dengan SOTH, SELANTANG merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih berpotensi dalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7 (tujuh) dimensi Lansia Tangguh.

Bapak Camat berharap dengan adanya SOTH dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi balitanya sehingga tercipta generasi yang berkualitas dan bermartabat. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here