BKKBN Jatim dan Dinas PPKB dan PPPA Resmikan SELANTANG dan SOTH di Pacitan

0
6 views
bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-dan-pppa-resmikan-selantang-dan-soth-di-pacitan
Bangga Kencana || Pacitan – Sinergi BKKBN Jatim dan Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Pacitan dalam peresmian Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Balai Desa Pagotan Kecamatan Arjosari, Pacitan. Rabu (7/9).

bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-dan-pppa-resmikan-selantang-dan-soth-di-pacitanHadir dalam acara ini Kepala Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Pacitan, Dra. Jayuk Sulistyaningtyas, MM., Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Koordinator Bidang KSPK, Dra. Suhartuti, M.M., Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa, Camat, Kepala KUA, dan Kepala Puskesmas sebagai bentuk dukungan atas terselenggaranya Selantang dan peserta 48 orang yang terdiri dari Lansia dan Pra-lansia.

Pembukaan Selantang diawali dengan senam lansia yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Pacitan dan Pemukulan Gong.

bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-dan-pppa-resmikan-selantang-dan-soth-di-pacitan“Saya harap Selantang bisa ditularkan ke desa yang lain, tidak hanya berhenti di desa ini saja. Supaya kebermanfaatannya lebih luas,” ujar Dra. Suhartuti MM., Koordinator Bidang KSPK dalam sambutannya.

Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7(tujuh) Dimensi Lansia Tangguh.

7(tujuh) Dimensi Lansia Tangguh yaitu dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosianal, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan.

Selantang dilaksanakan bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) dan dilakukan secara bertahap sebanyak 12 (dua belas) pertemuan dengan kurikulum yang sudah ditentukan.

Sekolah Orang Tua Hebat merupakan sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya.

bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-dan-pppa-resmikan-selantang-dan-soth-di-pacitanSOTH dilaksanakan secara bertahap, tertata dan terukur dengan adanya pre test dan post test sehingga dapat dipantau dengan baik. Pertemuan dilakukan secara tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali dengan materi-materi BKB HI 13 pertemuan. SOTH memiliki syarat kelulusan yang salah satunya dilihat dari kehadiran peserta.

Suhartuti harap peserta SOTH bisa menjadi orang tua hebat dan melahirkan anak anak yang hebat serta di Tahun 2045 nanti mereka bisa menjadi generasi emas.

“Kita dukung bersama, kita bantu bersama penyelenggaraan SOTH hingga pertemuan terakhir dan wisuda”. Ujar Jayuk dalam sambutannya.

Dari Kecamatan Arjosari, Kepala Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Pacitan bersama Perwakilan BKKBN Jawa Timur bergeser ke Desa Wonogondo Kecamatan Kebonagung untuk membuka Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-dan-pppa-resmikan-selantang-dan-soth-di-pacitanPeserta SOTH BKB Gondo Arum Desa Wonogondo Kecamatan Kebonagung berjumlah 30 orang yang terdiri dari ibu hamil dan ibu dengan anak usia 0-6 tahun.

Pembukaan SOTH ditutup dengan penampilan Jingle Ayo Cegah Stunting dari TP PKK desa Wonogondo sebagai bentuk dukungan penuh terhadap penurunan angka stunting di Indonesia. @Red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here