BKKBN Jatim Bersama Dinas P3AP2KB Kab. Pasuruan Resmikan SOTH dan SELANTANG

0
12 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Pasuruan – BKKBN Jatim (Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Jawa Timur) bersama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasuruan meresmikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG). bertempat di pendopo Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Rabu (07/09/2022)

Hadir dalam acara tersebut Subkoordinator Balita, Anak dan Lansia (BALAN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Nur Hotimah, S.Sos., Mewakili Kaper BKKBN Jatim Dra. Maria Ernawati M.M., dan Kepala Dinas Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasuruan drg. Loembini Pedjati Lajoeng, Camat Bangil Komari, S.H, M.M.

Rangkain acara diawali dengan Sambutan selamat datang dari Camat Bangil, Sambutan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, arahan dari Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasuruan dilanjutkan dengan penyematan ID Card secara simbolis kepada perwakilan peserta dan dilanjutkan dengan pembekalan bagi peserta.

Dalam sambutannya, Komari, S.H, M.M menyampaikan rasa terima kasih kepada Perwakilan BKKBN Jawa Timur dan Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasuruan karena telah memberikan kesempatan kepada wilayahnya untuk dibentuk SOTH dan SELANTANG.

Selanjutnya, Komari juga memberikan semangat kepada seluruh peserta atau disebutnya sebagai siswa yang berasal dari BKB Tunas Bangsa Kelurahan Kiduldalem untuk siswa SOTH dan dari BKL Bina Asaka Kampung KB Kelurahan Kalianyar untuk siswa SELANTANG.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta, untuk terus aktif mengikuti setiap pertemuan kelas yang telah dijadwalkan. Dengan begitu, Bapak/Ibu semua dapat lulus dengan predikat yang memuaskan serta dapat menggali ilmu sedalam-dalamnya untuk diimplementasikan di keluarga masing-masing,” pesan Komari dalam sambutannya.

Senada dengan Komari, Nur Hotimah juga menyampaikan bahwa adanya pembentukan SOTH ini guna untuk mencetak para orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan tumbuh kembang pada anak.

Dan pembentukan SELANTANG sebagai wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7 (tujuh) Dimensi Lansia Tangguh.

Setelah Perwakilan BKKBN Jawa Timur menyampaikan sambutannya, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasuruan turut memberikan sambutan sekaligus memberikan pembekalan kepada peserta.

Loembini menyampaikan terkait kondisi atau fenomena yang terjadi saat ini, khususnya yang berkaitan dengan Stunting di Kabupaten Pasuruan. Dengan adanya SOTH dan SELANTANG di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Loembini meyakini hal ini menjadi langkah strategis dalam rangka perencanaan melahirkan generasi penerus yang berkualitas serta Langkah strategis untuk mencegah bayi baru lahir stunting.

Dalam sambutannya, Loembini juga berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak putus di tengah jalan. Terus aktif dan semangat mengikuti kelas pembelajaran sampai wisuda.

Setelah memberikan sambutan, selanjutnya Kepala Dinas P3AP2KB bersama dengan perwakilan BKKBN Jawa Timur dan Camat Bangil menyematkan ID Card kepada perwakilan peserta sebagai tanda telah diresmikannya SOTH dan SELANTANG di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Penyematan dilakukan kepada dua perwakilan siswa SOTH dan dua perwakilan siswa SELANTANG, lalu diikuti oleh siswa atau peserta yang lain.

Dalam peresmian ini, juga dihadiri Ketua TP-PKK Kecamatan Bangil, Lurah Kiduldalem, Lurah Kalianyar, PKB Kecamatan Bangil dan jajaran dari Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasuruan. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here