BKKBN Jatim Resmi Buka SOTH dan Selantang Bersama Bupati Mojokerto

0
5 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Mojokerto – BKKBN Jatim (Perwakilan  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Timur) kembali meresmikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang). Kali ini Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) resmi dibuka Bupati Mojokerto, dr. Hj. Ikfina Fahmawati, M.Si., di Kecamatan Dawarblandong, Jetis, dan Puri dengan total peserta 96 orang calon orang tua hebat. Selasa (06/09/22)

Sekolah Orang Tua Hebat merupakan sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak Balitanya. SOTH dilaksanakan secara bertahap, tertata dan terukur dengan adanya pre test dan post test sehingga dapat dipantau dengan baik. Pertemuan dilakukan secara tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali dengan materi-materi BKB HI 13 pertemuan. SOTH memiliki syarat kelulusan yang salah satunya dilihat dari kehadiran peserta.

“Selama kita sekolah kita belum pernah dapat materi khusus tentang bagaimana menjadi orang tua. Di Sekolah inilah nanti akan diajarkan hal seperti itu supaya anak anak kita menjadi generasi yang hebat” ujar Ikfina dalam sambutan yang disampaikan.

Sementara Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) yang  diresmikan pada hari ini merupakan yang pertama di Kabupaten Mojokerto. Selantang ada di 2 kecamatan, yaitu kecamatan Sooko dan Dlanggu.

Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7(tujuh)  Dimensi Lansia Tangguh yaitu dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosianal, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan. Selantang dilaksanakan bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) dan dilakukan secara bertahap sebanyak 12 (dua belas) pertemuan dengan kurikulum yang sudah ditentukan.

Dalam rangkaian pembukaan, Koordinator Bidang KSPK, Dra. Suhartuti, MM., Mewakili Kaper BKKBN Jatim Dra. Maria Ernawati M.M., menyerahkan paket buku pedoman kepada Bupati Mojokerto, yang terdiri dari Buku lansia tangguh dengan 7 Dimensi, Buku Pedoman PJP, Buku Sekolah Lansia di Kelpompok BKL, dan buku Panduan SOTH di Kelompok BKB.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan paket belajar secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Bupati Mojokerto

Bupati Mojokerto menyampaikan bahwa akan memonitor penyelenggaraan baik SOTH maupun Selantang di Kabupaten Mojokerto, termasuk siapa saja yang akan dihadirkan sebagai guru atau narasumber pada kedua sekolah ini. Hal ini untuk memastikan SOTH dan Selantang tidak berjalan sia-sia dan benar-benar terwujud sesuai dengan harapan. Bupati Mojokerto juga meminta seluruh Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan dan Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa untuk memonitor dan mendukung penuh terselenggaranya SOTH dan Selantan @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here