BKKBN Jatim Gelar Sosialisasi SOTH dan SELANTANG di Kota Probolinggo

0
14 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Probolinggo – BKKBN Jatim (Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional provinsi Jawa Timur) menggelar sosialisasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) bertempat di halaman sekolah Paud/Posyandu Harapan Kelurahan Wiroborang Jln Srikandi No1 rw 03 Kel. Wiroborang Kec. Mayangan Kota Probolinggo. Jumat (02/09/22).

Hadir dalam acara, Koordinator bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Suhartuti, MM., plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Probolinggo dr. Nurul Hasanah Hidayati., Ketua TP PKK Kota Probolinggo Ibu Aminah Hadi Zainal Abidin

BKKBN Jatim

Suhartuti menjelaskan bahwa BKKBN sebagai Lembaga Pemerintah yang memiliki peran dalam membangun keluarga, mengembangkan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG).

“Sekolah Orang Tua Hebat menjadi upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak balitanya. Sekolah Lansia Tangguh merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial didalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermartabat) melalui 7 (tujuh) Dimensi Lansia Tangguh yaitu dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosianal, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan,” Lanjutnya.

BKKBN Jatim

Sekolah Orang Tua Hebat yang digagas oleh BKKBN ini juga merupakan terobosan yang strategis untuk memberikan Pendidikan intensif kepada para keluarga balita yang merupakan generasi milenial. Pelaksanaan yang singkat, terukur dan di bawah pendampingan tenaga professional dari Akademisi merupakan nilai plus untuk menarik minat para keluarga milenial agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengasuhan anak balita.

Dalam Sambutannya Ibu Aminah Hadi Zainal Abidin, menegaskan bahwa soth bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para orang tua dalam pola pengasuhan anak dan memberikan bekal bagi para ayah dan ibu untuk mendampingi anak, memberikan hak-hak untuk anak.

Sekolah orang tua hebat menjadi respon terhadap rendahnya pengetahuan keluarga terhadap pola asuh balita/anak. Karena peran orang tua sangat penting, menjadi tempat belajar anak-anaknya. Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal kepada lanjut usia.

BKKBN Jatim

Di kesempatan yang sama, ibu Nurul mengungkapkan dalam laporan kegiatan bahwa pembangunan sdm indonesia yang unggul, berkualitas dan berdaya saing dimulai dari keluarga dengan pembentukan karakter sejak usia dini didalam keluarga mengingat semakin pentingnya karakter sejak dini dalam keluarga khususnya keluarga balilta dan anak maka perlu dioptimalkan peningkatan pemahaman dan penerapan peran melalui “sekolah orang tua hebat di kelompok bkb

“Sedangkan di kelompok bkl dibentuk sekolah lansia tangguh (selatang) sebagai tempat belajar, memperoleh pengetahuan, kemandirian, dan membuat lansia menjadi berdaya dalam menjalani kehidupan diusia lanjut. selantang adalah menjadi pendidikan non formal di bkl untuk mewujudkan lansi smart (sehat, mandiri, aktif dan produktif) serta bermartabat dalam 7 dimensi lansia tangguh secara utuh yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara,” Lanjutnya @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here