Roadshow Stunting Digelar BKKBN dan Mitra Kerja, Ketum Dharma Pertiwi

0
6 views
BKKBN
Bangga Kencana || Mojokerto – Bersama BKKBN dan kerja, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Hetty Andika Perkasa Gelar Roadshow Percepatan Penurunan Stunting di Mojokerto, Kamis (01/09).

Dalam kunjungan ke Mojokerto, Ny. Hetty Andika Perkasa didampingi Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Bupati Mojokerto, Pengurus Daerah Dharma Pertiwi, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang, Ketua Jalasenastri, Ketua Persit KCK Cabang dan Ranting. Kepala BKKBN RI pada kesempatan kali ini diwakili oleh Deputi Bidang ADPIN BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso.

BKKBN

Mengawali rangkaian kegiatan, rombongan disambut oleh Bupati Mojokerto di Pendopo Kabupaten Mojokerto. “Semoga dengan kehadiran Ibu di Mojokerto bisa menjadi penyemangat kita semua dalam percepatan penurunan stunting di Mojokerto dan kami berharap dari jajaran dharma pertiwi, persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, Pia Ardhya Garini dan sektor-sektor lain bisa Bersama-sama membantu percepatan penurunan stunting, ” ujar Bupati Mojokerto, Ikfina.

Angka stunting di Kabupaten Mojokerto termasuk tertinggi di Jawa Timur, sehingga untuk mencapai target penurunannya pada tahun 2024 menjadi 14%, perlu aksi nyata dari berbagai sektor selain PKK sebagai ujung tombak program percepatan penurunan stunting dan jajaran pemerintahan baik pusat maupun daerah. Dengan kunjungan kerja ketua Dharma Pertiwi sebagai Bunda Anak Asuh Stunting di Kabupaten Mojokerto, diharapkan mampu menciptakan sinergitas dan konvergensi lebih meluas dari semua sektor terkait.

Setelahnya, rombongan meninjau kegiatan MOP/MOW/Implant/IUD di RS DKT Kota Mojokerto. Ketua Umum Dharma Pertiwi menyapa akseptor dilanjutkan pemberian secara simbolis dana kompensasi kepada peserta MOP/MOW/Implant/IUD.

BKKBN

Pada kesempatan ini, ada sekitar 200 akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Kemudian, Ketum Dharma Pertiwi beserta rombongan menyapa 60 ibu hamil dan 90 balita dibawah 2 tahun (Baduta) di Pendopo Agung Trowulan. Dilanjutkan dengan demo memasak gizi seimbang untuk pencegahan stunting, pembagian hadiah, dan kegiatan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dharma Pertiwi, juga memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bernutrisi secara simbolis kepada 10 orang perwakilan ibu hamil dan 10 orang perwakilan baduta.

Disela-sela kunjungan dalam momen demo memasak gizi seimbang untuk pencegahan stunting Ketua Umum Dharma Pertiwi, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati menyampaikan tentan pentingnya makanan sehat dan bergizi.

“Makanan sehat dan gizi seimbang itu tidak harus mahal, tapi makanan yang dijamin bisa memberi asupan yang baik bagi pertumbuhan anak, salah satunya dengan mengolah singkong,” ujarnya di Pendopo Agung Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (1/9/2022).

BKKBN

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak menyambut baik kehadiran Ny. Hetty Andika Perkasa di Provinsi Jawa Timur.

“Kami di Ketua Tim Penggerak PPK menyambut baik hal ini karena satu visi dan misi untuk menurunkan prevalensi stunting di Jawa Timur. Bantuan kali ini banyak sekali untuk ibu hamil, baduta, dan pencegahan stunting,” jelasnya.
PKK Jawa Timur juga memiliki peran cukup vital dalam pengentasan stunting. Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur memiliki inovasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

“Ada inovasi yang belum dimiliki provinsi yang lain adalah SOTH. SOTH sendiri itu Sekolah Orang Tua Hebat dimana kami itu membuat calon ibu atau ibu baru untuk mengetahui betul apa yang harus dimiliki secara ilmu untuk mendidik dan merawat anak khususnya di 1.000 hari pertama kehidupan,” pungkasnya. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here