Percepatan Penurunan Stunting di Surabaya, BKKBN Jatim dan Lucy Kurniasari Gelar Sosialisasi

0
10 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Surabaya – BKKBN Jatim dan anggota Komisi IX DPR RI menggelar Promosi KIE Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting bersama mitra kerja di tahun 2022 di desa Balai RW III, Jalan Raya Sidomulyo Baru, Kelurahan Sidomulyo Baru. Rabu (03/8/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Dra. Lucy Kurniasari Anggota Komisi IX DPR RI, Fraksi Partai Demokrat, Dra. Sofia Hanik, MM., Koordinator Bidang Adpin (Advokasi, Pergerakan dan Informasi), Janianton perwakilan OPD KB Kota Surabaya.

BKKBN Jatim

Dra. Lucy Kurniasari menjelaskan masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa dimulai sejak pertama kali terjadinya pembuahan, atau  terbentuknya janin dalam kandungan, sampai dengan buah hati berusia 2 tahun. Masa 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) terdiri dari 270 hari selama kehamilan sampai dengan persalinan, 365 hari pada 1 tahun pertama dan 365 hari pada tahun ke 2 kehidupan buah hati.

“1000 Hari Pertama Kehidupan disebut juga sebagai PERIODE EMAS buah hati, karena pada periode ini otak dan seluruh organ akan berkembang sangat pesat. Kekurangan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan sejak buah hati dalam kandungan sampai berusia 2 tahun, tidak bisa digantikan dimasa kehidupan selanjutnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dra. Sofia Hanik, MM., juga menerangkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh BKKBN diantaranya yaitu Advokasi Pomosi dan KIE Pengasuhan 1000 HPK untuk Mitra Kerja dan Pemangku Kebijakan serta peningkatkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing BKKBN melalui sosialisasi dan  Promosi serta KIE 1000 HPK Cegah Stunting.

BKKBN Jatim

“Apa saja kebutuhan 270 hari pertama ibu dan buah hati?, Pada masa 270 hari pertama yaitu masa kehamilan. Hal terpenting pada masa kehamilan adalah memperhatikan gizi yang dibutuhkan ibu dan buah hati. Kebutuhan gizi ibu akan meningkat pada masa kehamilan, khususnya kebutuhan energi, protein, serta beberapa jenis vitamin dan mineral,” ungkap Janianton-perwakilan OPD KB Kota Surabaya.

Jumlah asupan makanan juga perlu diperhatikan, apa saja kebutuhan 730 Hari (tahun pertama dan tahun kedua) ibu dan buah hati?. Hal yang harus diperhatikan pada kehidupan 730 hari selanjutnya, yaitu: Asupan gizi yang seimbang mencegah terjadinya stunting. Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Setelah kelahiran sampai dengan usia buah hati 2 tahun, perlu diperhatikan asupan gizi diantaranya Inisiasi Menyusu Dini (IMD), ASI Eksklusif hingga usia 6 bulan, ASI diteruskan hingga usia anak 2 tahun, dan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sejak bayi berusia 6 bulan.

Dan Pencegahan Penyakit dan Pemberian Imunisasi, Penyakit yang umum menyerang buah hati di periode ini yaitu penyakit infeksi. Buah hati yang sering sakit membuat pertumbuhan dan perkembangannya menjadi tidak optimal. Sebagian besar penyebab kematian anak adalah penyakit infeksi yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi yaitu diare, infeksi saluran nafas (pneumonia), DHF, TB Paru, dan Campak.

BKKBN Jatim

Perkembangan, Pertumbuhan berat badan dan tinggi badan meliputi 4 aspek yaitu: Motorik kasar meliputi berdiri, berjalan, berlari,melompat, telungkup, dan duduk, Motorik halus meliputi memegang barang kecil, menulis, memegang sendok cangkir, Kemampuan bahasa meliputi memahami pembicaraan, berbicara, bercerita, dan Personal sosial meliputi kemampuan mengenal orang-orang disekitarnya dan mandiri.

Adapun hal yang perlu diperhatikan pada proses perkembangan buah hati adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman, menjaga kebersihan alat-alat makan dan minum, menjaga higienitas dan sanitasi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, membiasakan buah hati untuk mandi sehari dua kali dan mengganti pakaiannya jika kotor atau lembab, membiasakan buah hati untuk mencuci tangan dengan sabun, menggunakan alas kaki jika keluar rumah dan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here