Rumah DataKu di Madiun Terima Kunjungan Kaper BKKBN Jatim dan Ketua TP PKK Jatim

0
16 views
rumah-dataku-di-madiun-terima-kunjungan-kaper-bkkbn-jatim-dan-ketua-tp-pkk-jatim
Bangga kencana || Madiun – Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak bersama Kaper BKKBN Jatim Dra. Maria Ernawati M.M., Walikota Madiun Drs. H. Maidi SH, MM, M.Pd., dan Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, meninjau Rumah DataKu (Rumah Data Kependudukan) di Kampung KB Kapendis, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Rabu (29/06/2022).

rumah-dataku-di-madiun-terima-kunjungan-kaper-bkkbn-jatim-dan-ketua-tp-pkk-jatimPada kunjungan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur mengapresiasi digitalisasi yang dilakukan di Rumah DataKu Kampung KB Kapendis.

Selain digitalisasi data, pengelola Rumah DataKu Kampung KB Kapendis, Supriyadi, menerangkan, data Rumah DataKu di wilayahnya telah mengintegrasikan berbagai data keluarga, meliputi kuantitas, kualitas, pembangunan keluarga, cakupan administrasi dan perlindungan sosial serta potensi desa yang bersumber dari Data PK 21.

rumah-dataku-di-madiun-terima-kunjungan-kaper-bkkbn-jatim-dan-ketua-tp-pkk-jatim“Misalnya jumlah penduduk, status pendidikan berdasarkan pendidikan, kepemilikan akte, perkembangan ibu dan anak, pasangan usia subur maupun data lain yang erat kaitannya dengan kependudukan,” jelas Supriyadi.

“Digitalisasi seperti ini dapat memudahkan untuk mendapatkan informasi mengenai keadaan di Kampung KB dan pengambilan kebijakan yang sifatnya strategis,” ujar Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak.

“Data yang terintegrasi bisa menjadi langkah jitu dalam upaya preventif menekan angka stunting di Jawa Timur,” lanjut Arumi.

rumah-dataku-di-madiun-terima-kunjungan-kaper-bkkbn-jatim-dan-ketua-tp-pkk-jatimKetua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi menambahkan, sebelum adanya Kampung KB di wilayah tersebut masih terjadi perkawinan anak, namun setelah adanya kampung KB, sudah tidak terjadi perkawinan anak. Dengan di bentuknya Kampung KB di kelurahan Rejomulyo mempunyai dampak yang dirasakan oleh masyarakat.

Senada dengan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM., berharap digitalisasi di rumah data kependudukan Kampung KB Kapendis dapat diikuti dan diimplementasikan di Kampung KB lainnya di Jawa Timur.

rumah-dataku-di-madiun-terima-kunjungan-kaper-bkkbn-jatim-dan-ketua-tp-pkk-jatim“Melalui digitalisasi dan integrasi data, mudah-mudahan fungsi Rumah Dataku sebagai basis dan informasi kependudukan dapat berjalan optimal. Tentunya, kita berharap hal ini dapat dicontoh dan dikembangkan di Kampung KB lainnya di Jawa Timur,” terang Bu Erna.

Kunjungan ke Rumah Data Kependudukan di Kampung KB Kapendis, Rejomulyo merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional ke-29 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Timur yang puncaknya dilaksanakan di Kota Madiun. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here