Pengelolaan Kampung KB, Perwakilan BKKBN Jatim Berikan Apresiasi

0
9 views
Perwakilan BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Malang –  Perwakilan BKKBN Jatim melaksanakan Pemberian Apresiasi Pengelolaan Kampung KB di Kabupaten Malang. Kamis (02/06/2022).

Perwakilan BKKBN Jatim

Kabupaten Malang yang masuk sebagai nominasi pemilihan pemberian apresiasi pengelolaan Kampung KB akan dilombakan di tingkat Nasional. Terpilihnya Kabupaten Malang merupakan hasil penilaian desk audit bersama tim penilai yang terdiri dari lintas komponen pada tanggal 7-8 April 2022.

Tim penilai dari BKKBN RI, Plt. Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com, menambahkan bahwa berdasarkan Inpres no 3 tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, diharapkan semua desa nantinya menjadi kampung KB.

Perwakilan BKKBN Jatim

“Kegiatan pemilihan Kampung KB ini merupakan wadah pembinaan secara menyeluruh, serta apresiasi bagi pengelolaan Kampung KB yang ada di Kabupaten/Kota. Kampung KB yang menjadi Juara akan dihadirkan pada puncak acara Harganas ke XXIX,” jelasnya.

“Dalam prakteknya, mekanisme penilaian kegiatan ini melalui seleksi administrasi dan dilanjutkan dengan penilaian lapangan untuk kroscek apakah profil yang dikirim kepada kami sesuai yg dilapangan atau bahkan yg ada dilapangan belum terlaporkan dalam profil, selain itu kami akan mengamati juga tentang variable (input, proses, output) dan indkator yang menjadi dasar atau acuan dalam melakukan penilaian,” terangnya.

Perwakilan BKKBN Jatim

Kampung KB memiliki peran essensial dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting. Salah satu program pokok di Kampung KB adalah pendampingan dan pelayanan kepada keluarga beresiko stunting.

“Kampung KB sebagai kampung konvergensi percepatan penurunan stunting artinya semual lintas sektor bersinergi dalam berbagai program di kampung KB seperti Dapur Sehat Atasi Stunting, rumah dataku, dan lain-lain,” jelasnya. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here