Bersama Kodim 0803/Madiun, BKKBN Jatim Gelar Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB dalam Rangka TMDD KE-113 Tahun 2022

0
10 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Madiun – BKKBN Jatim menggelar Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa ( TMDD ) ke-113 Tahun 2022. Rabu (25 / 05 / 2022).

 BKKBN Jatim

Manunggal TNI KB Kesehatan telah menjadi agenda nasional yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh KODIM 0803/Madiun. Dalam pelaksanaan kegiatan TMDD dihadiri 181 anggota Kodim 0805 Madiun.

Menindaklanjuti Surat DANREM 081/DSJ Nomor STR/16/2022 tanggal 22 januari 2022 tentang perintah untuk menyusun dan merencanakan sasaran TMMD ke-113 Tahun 2022 serta TMMD imbangan dan surat kepala dinas kesehatan pengendalian penduduk dan KB kota madiun Nomor 440/2105/401.103/2022 tanggal 19 mei 2022 tentang pelayanan KB-Kesehatan reproduksi dan sosialisasi stunting dalam mendukung giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 TH 2022.

 BKKBN Jatim

Sinergitas antara jajaran TNI dengan Pengelola KB KR adalah upaya yang dapat dilakukan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan upaya penggerakan masyarakat berupa penyuluhan, konseling dan pendampingan calon akseptor KB, serta meningkatnya jumlah capaian pelayanan KB melalui pelaksanaan percepatan pencapaian target KB-Kesehatan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini antara lain guna meningkatkan komitmen Pemerintah dan TNI untuk melanjutkan dan mengembangkan pembangunan Keluarga Sehat dan Berkualitas, partisipasi dan peran serta masyarakat kader dan TNI, dalam pencapaian Program KB – KES di semua bidang.

 BKKBN Jatim

Tahun 2021 ini BKKBN mendapatkan mandat dari Bapak Presiden sebagai Ketua Pelaksanaan Program Percepatan Penurunan Stunting dengan target sebesar 14% dari kondisi 5 tahun yang lalu 37% turun menjadi 27,6% ditahun 2019.

Hal ini merupakan tugas amanah yang berat, yang tidak bisa bekerja sendirian dalam menurunkan Angka Stunting sehingga diperlukan sinergitas kolaborasi demi mewujudkan target 14 % di tahun 2024.

Hal ini diperkuat dengan turunnya Perpres 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang mana akan ditindaklanjuti dengan  Menetapkan Rencana Aksi Nasional Percepatan Angka Penurunan Stunting (RAN PASTI), dengan melibatkan Kementrian/ Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah Kab/Kota, Pemerintah Desa, Faskes dan Pemangku Kepentingan lainnya.

 BKKBN Jatim

Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi merupakan salah satu komponen yang berperan besar terhadap konvergensi penurunan stunting melalui kebijakan strateginya dalam peningkatan akses dan kualitas pengelengaraan KBKR yang konferensif berbasis kewilayahan dan fokus pada segmentasi sasaran yang salah satunya penguatan kemitraan dalam pelayanan KB KR.

Materi peran TNI dalam pelayanan KB dan Sosialisasi Stunting TNI Telah banyak membantu program pemerintah terutama pemerintah daerah provinsi dan kab/kota. Salah satunya program yang sangat besar peran TNI terutama angkatan darat melalui BABINSA tersebut adalah program kesehatan, kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) disamping program pertanian dan kelestarian lingkungan.

Pelayanan KB dan kesehatan reproduksi merupakan salah satu komponen yang berperan besar terhadap konvergensi penurunan stunting, upaya yang dapat dilakukan oleh Babinsa Kodim 0803/Madiun yaitu memberi penyuluhan atau mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah binaannya atau masyarakat kota madiun, pentingnya kesehatan reproduksi dan KB. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here