BKKBN Jatim Kejar Target dalam Percepat Penurunan Stunting dengan Pembentukan TPPS

0
25 views
BKKBN Jatim

Bangga Kencana || Jawa Timur – Dalam rangka pelaksanaan Program Percepatan Penurunan Stunting (PPS) salah satunya dengan pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di berbagai tingkatan mulai dari Tingkat pusat , Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga tingkat Desa/Kelurahan. Di Provinsi Jawa Timur ditargetkan pada bulan April 2022 TPPS di seluruh Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sudah terbentuk dan menjalankan fungsinya.

BKKBN Jatim

Sebagai upaya percepatan pembentukan TPPS dilaksanakan Pertemuan Evaluasi Pembentukan TPPS secara virtual yang diikuti oleh Kepala OPD KB Kabupaten/Kota se Jawa Timur, pengurus DPD IPeKB Provinsi Jawa Timur dan ketua IPeKB Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Rabu (30/3/2022).

Dalam sambutannya Kaper BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati M.M., menyampaikan bahwa pada saat ini perkembangan pembentukan TPPS di Jawa Timur, di tingkat Kabupaten dari 38 Tim yang ditargetkan telah terbentuk 21 TPPS atau 55%, untuk tingkat kecamatan  dari target 666 baru terbentuk 107 Tim atau 16%, sedangkan untuk tingkat Desa/Kelurahan dari target 8.507 baru terbentuk 1.067 Tim atau 13%. Dua Kabupaten yang telah terbentuk 100% TPPS mulai tingkat Kabupeten, Kecamatan hingga Desa adalah Kabupaten Magetan dan Tulungagung.

BKKBN Jatim

Dalam arahannya Chinggih Widanarto, SE, M.Si selaku Pembina wilayah Jawa Timur dari Inspektorat BKKBN  menyampaikan bahwa pembentukan TPPS merupakan rangkaian dari Program Percepatan Penurunan Stunting sesuai Perpres 72 tahun 20221 dan RAN PASTI (Rencana Aksi Nasional Penurunan Angka Stunting Indonesia). Setiap perkembangan akan selalu dipantau oleh Setwapres sehingga diharapkan Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat melaporkan perkembangan pelaksanaan Progam Percepatan Penurunan Stunting di wilayah masing-masing.

BKKBN Jatim

Kabupaten/Kota yang masih belum tercapai target pembentukan TPPS diharapkan segera melakukan koordinasi lintas sektor untuk pembentukan TPPS mengingat pentingnya peran dan fungsi TPPS dalam Program percepatan Penurunan Stunting. Ditargetkan akhir maret tahun 2022 telah terbentuk semua TPPS di berbagai tingkatan. @red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here