BKKBN Jatim Gelar Implementasi Aplikasi Elsimil, Pendampingan Pelaksanaan Edukasi PKBR dan Orientasi PEK di 3 Kabupaten dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

0
37 views
bkkbn-jatim-laksanakan-giat-di-3-kabupaten-dalam-upaya-percepatan-penurunan-stunting
Bangga Kencana || Surabaya – Perwakilan BKKBN Jatim menggelar Aplikasi elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil), Pendampingan Pelaksanaan Edukasi PKBR dan Orientasi PEK pada Kampung KB secara serentak di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tuban. Rabu (23/3/2022).

bkkbn-jatim-laksanakan-giat-di-3-kabupaten-dalam-upaya-percepatan-penurunan-stuntingKegiatan tersebut merupakan upaya percepatan penurunan stunting dan peningkatan pelaksanaan program Pembangunan Keluarga khususnya Proyek Prioritas Nasional tahun 2022 serta tindak lanjut pertemuan Implementasi Elsimil tingkat Provinsi dan Kab/kota yang dilaksanakan di Hotel Fave, Sidoarjo tanggal 7-10 Maret 2022.

Peserta pada kegiatan Implementasi Aplikasi Elsimil adalah Admin aplikasi Elsimil tingkat kecamatan, Kepala KUA/penghulu Kecamatan dan Admin Elsimil tingkat kabupaten. Pada kegiatan tersebut peserta didampingi oleh Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kab/Kota dan admin Elsimil Kabupaten/Kota yang telah mengikuti pelatihan aplikasi Elsimil di Sidoarjo tanggal 7-10 Maret 2022.

Peserta dibekali materi Sinergitas Pengelolaan Catin di Lii Lapangan dalam Percepatan Penurunan Stunting (Kemenag Kab./Kota) Strategi Pencegahan Stunting dari Hulu dan Pengenalan Aplikasi Elsimil dan Evaluasi pelaksanaan aplikasi Elsimil sebagai Admin Kecamatan/Kabupaten guna memonitoring dan mengevaluasi program pencegahan stunting dari hulu yaitu calon pengantin melalui Aplikasi Elsimil.

bkkbn-jatim-laksanakan-giat-di-3-kabupaten-dalam-upaya-percepatan-penurunan-stuntingImplementasi Elsimil di Kab. Kediri juga dihadiri oleh peserta Kota dan di buka oleh Kepala Dinas pengendalian penduduk keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten kediri, Ibu dr Nurwulan Andadri, MMRS

Pada kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Edukasi PKBR peserta yang terdiri dari Ketua/pengurus PIK Remaja Lokus pro PN tahun 2022 dibekali materi media KIE “tentang kita” dan mendapatkan sosialisasi soal Kit Siap Nikah (komik dan game DOC). Materi tersebut disampaikan oleh ketua/pengurus Insan Genre di masing-masing Kabupaten yang telah mengikuti pelatihan di Hotel Mercure Surabaya tanggal 19-21 Maret 2021.

Sedangkan pada kegiatan orientasi PEK di Kampung KB peserta yang terdiri dari Akseptor KB Mandiri Lestari dan Mandiri MKJP anggota/calon anggota UPPKA mendapatkan pelatihan pengembangan usaha dan setiap kelompok di Kampung KB menerima Alat Teknologoi Tepat Guna (ATTG).

bkkbn-jatim-laksanakan-giat-di-3-kabupaten-dalam-upaya-percepatan-penurunan-stuntingDi Kabupaten Tuban peserta orientasi PEK dibuka oleh dr Atiek Supartiningsih Kab PP dan KB Dinjes PPKB Kab. Tuban. Diikuti oleh 4 kelompok UPPKA di Kabupaten Tuban, mereka mendapatkan 4 pelatihan yaitu pelatihan membuat wingko, mengolaj hasil laut (cumi), mengolah makanan kripik singkong dan pelatihan menjahit.

Berbeda dengan kabupaten Tuban, orientasi PEK di Kabupaten Banyuwangi diikuti oleh 3 kelompok UPPKA, mereka mendapatkan pelatihan membuat olahan makanan seperti abon lele, basreng, pentol dari bahan lokal, nugget ayam, rolade kembangtahu dari bahan dasar lele dan puding jambu biji.

Sedangkan Orientasi PEK di Kabupaten Kediri diikuti oleh 4 kelompok UPPKA, peserta diberi pelatihan ketrampila eco tekstil dan ketrampilan bucket hijan serta membuat olahan makanan seperti bola nasi sehat, pangsit sayur, nasi ayam hainan, sup jagung. @red

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here