BKKBN Jatim Resmi Gelar Rekonsiliasi Data PK – New Siga

0
143 views
BKKBN Jatim
Bangga Kencana || Malang – BKKBN Jatim gelar Rekonsiliasi Data PK – New Siga (Pendataan Keluarga – Sistem Informasi Keluarga) di hotel Ijen Suite Kota Malang tanggal 17 – 18 Maret 2022.BKKBN Jatim

Data adalah kunci Sukses Suatu Program, karena Data merupakan hal yang sangat penting dalam suatu Program termasuk Program Bangga Kencana, baik sebagai evaluasi maupun sebagai bahan untuk menyusun kebijakan, strategi maupun rencana operasional berikutnya. Dalam rangka meningkatkan kualitas data, digelar lah kegiatan Rekonsiliasi data PK – New Siga.

Kegiatan ini diikuti oleh 116 orang dari  38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Masing-masing Kabupaten/Kota mengirimkan Pejabat yang menangani pendataan dari OPD KB, Pejabat pengelola FasKes KB Kabupaten/Kota dan  Ketua IPeKB.

BKKBN Jatim

Hadir dalam kegiatan tersebut Dra. Maria Ernawati, MM., Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Lina Widyastuti, SKM, MAPS Plt Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN, Dra. Sofia Hanik, MM.,Koordinator Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya Kaper BKKBN Jatim menyampaikan agar para pengelola data bersemangat karena data merupakan hal yang sangat penting. Kebijakan, strategi, sistem ditentukan oleh data, data yang akurat dan up to date.

BKKBN Jatim

Sistem pelaporan melalui New Siga diharapkan dapat memberikan data capaian maupun data perkembangan terutama terkait keluarga di lapangan. Dalam rangka meningkatkan kualitas data, tenaga lapangan perlu membangun jejaring antara lain dengan bidan, dengan Rumah Sakit, Dokter praktek dan lain-lain agar semua pelayanan KB dapat terlaporkan dan termonitor dengan baik. Updating data di New Siga diharapkan segera dilakukan berbasis data PK – 21.

Lina Widyastuti, SKM, MAPS.,dalam materinya menyampaikan tentang betapa berartinya data hasil pendataan keluarga tahun 2021, bahkan dari lintas sektor juga berharap dapat menggunakan data tersebut untuk menyusun program mereka. Integrasi data PK-21 dan New Siga diharapkan akan memberikan data yang cepat, akurat dan up to date untuk berbagai kepentingan termasuk untuk kepentingan Program bangga Kencana. @red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here