Arumi Bachsin Resmi Buka Sekolah Lansia Tangguh di Jombang

0
43 views
Sekolah Lansia Tangguh
Bangga Kencana || Jombang – Satu lagi Program Sekolah Lansia Tangguh yang telah dinanti-nantikan di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Jombang telah secara resmi dibuka. Program yang digagas oleh Perwakilan BKKBN Prov Jatim ini bersama Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Malang ini resmi dibuka secara khusus oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE didampingi oleh Kepala Perwaklian BKKBN Provinsi Jatim, Ibu Dra. Maria Ernawati, MM pada Hari Kamis (17/03/2022).

Sekolah Lansia Tangguh

Selain Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim, hadir juga pada acara special ini Ibu Bupati Kabupaten Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB,PPPA) Kabupaten Jombang, Perwakilan dari Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) cabang Malang, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kabupaten Jombang, Kader Kelompok BKL selaku fasilitator Sekolah Lansia Tangguh, Camat dan Lurah Kabupaten Jombang, serta 130 orang peserta Sekolah Lansia Tangguh Kabupaten Jombang.

Sekolah Lansia Tangguh

Acara yang bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang ini, diawali dengan persembahan yang apik dari penampilan Paduan Suara lansia Kelompok BKL Bougenville Dusun Bongsorejo Desa Grogol Kecamatan Diwek, Jombang. Pada acara ini Ibu Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab  menyampaikan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Jombang sebagai Pilot Project ke 3 di Jawa Timur dalam penyelenggaraan Sekolah Lansia Tangguh. Dalam sambutannya Ibu Bupati Jombang juga menyampaikan harapannya dengan dibukanya Sekolah Lansia Tangguh di Kabupaten Jombang ini, para lansia bisa mendapatkan llmu, informasi, pelatihan dan permainan edukasi tentang kesehatan yang mampu menjadikan mereka sebagai Lansia Tangguh yang sehat, bahagia, produktif, mandiri dan sejahtera.

Sekolah Lansia Tangguh

“Pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah Lansia Tangguh ini menggunakan pendekatan pendidikan sepanjang hayat dimana pada proses belajar mengajar, akan disesuaikan dengan segala hal terkait peristiwa dalam kehidupan manusia. Tujuan dari sekolah lansia ini adalah menjadikan lansia senang sehingga proses belajar mengajar pada sekolah lansia merupakan kegiatan menyenangkan, sesuai kebutuhan dan membuat bahagia (tidak memberikan beban kepada peserta).”

Dengan diselenggarkannya Program Sekolah Lansia Tangguh di Kabupaten Jombang ini, diharapkan para  lansia juga mampu mencapai successful aging, yaitu dimana seseorang yang telah mencapai usia lanjut, mampu memiliki kesehatan fisik dan kognitif masih mampu melakukan kegiatan yang produktif, sehingga dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam hidupnya. Harapan tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE saat membuka Sekolah Lansia Tangguh di Kapupaten Jombang.

Sekolah Lansia Tangguh

“Konsep successful aging adalah penuaan yang terjadi dengan ketiadaan penyakit dan faktor-faktor risiko penyakit, kemampuan fisik dan kognitif yang terjaga, serta keterlibatan dalam aktivitas yang produktif sehingga dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup.Kita seringkali mendengar pepatah mengatakan, hidup adalah proses belajar yang tak mengenal batasan umur dan tak mengenal kata tua”. Ungkap Arumi mengawali sambutannya.

Senada dengan Ibu Arumi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim Dra. Maria Ernawati, MM menjelaskan walaupun pada usia lansia mengalami penurunan pada fungsi fisik, kognitif dan afektif, hal tersebut bukanlah penyakit melainkan suatu proses degenari yang akan dialami oleh setiap manusia. Oleh karenanya Ernawati menghimbau para lansia agar terus belajar agar dapat mempertahankan fungsi-fungsi fisik dan psikis.

“Memasuki usia lnsia berarti memasuki fase kehidupan dengan kemampuan fisik, kognitif, dan afektif yang akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Namun, hal itu Bukanlah Penyakit melainkan suatu proses degenerasi alami dan akan dialami oleh setiap manusia dalam fase kehidupannya. Dan salah satu upaya untuk dapat mempertahankan fungsi-fungsi fisik dan psikis adalah dengan Terus Belajar” terang Ernawati dalam sambutannya

Demikian halnya seperti pada kedua wilayah Pilot Project di Jawa Timur lainnya, Pelaksanaan Sekolah Lansia Tangguh Kabupaten Jombang akan diadakan selama minimal 6 bulan dengan 12 kali pertemuan di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Diwek, Kecamatan Peterongan, dan Kecamatan Jombang, dengan 130 peserta lansia  @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here