Sekolah Lansia Tangguh Kabupaten Malang Resmi Dibuka Arumi Bachsin

0
86 views
Sekolah Lansia Tangguh
Bangga Kencana || Malang – Pembukaan Sekolah Lansia Tangguh Kabupaten Malang yang digagas Perwakilan BKKBN Prov Jatim bersama Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) , yang secara resmi dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE  bertempat di Pendopo Kabupaten Malang di Kepanjen dididampingi Kaper BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM. Rabu (16/3/2022)

Sekolah Lansia Tangguh

Hadir dalam acara pembukaan Sekolah Lansia Tangguh Bupati Malang Drs. H. Sanusi, MM, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang, Perwakilan dari Yayasan Indonesia Ramah Lansia (IRL) Cabang Malang, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kabupaten Malang, Kader Kelompok BKL selaku fasilitator Sekolah Lansia Tangguh, Camat dan Lurah Kabupaten Malang, serta  peserta Sekolah Lansia Tangguh

Sekolah Lansia Tangguh

Kegiatan yang digelar di Pendopo Kabupaten Malang Kepanjen pagi ini di awali dengan sambutan Bupati Malang, Drs. H. Sanusi, MM yang mengapresiasi kepercayaan yang diberikan sehingga Kabupaten Malang menjadi Pilot Project Pelaksanaan Sekolah Lansia Tangguh di Jawa Timur. “Perubahan sosial di masyarakat menuntut adanya layanan yang lebih profesional dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para lansia. Sekolah Lansia Tangguh sebagai perwujudan dari konsep belajar sepanjang hayat merupakan wadah pembelajaran bagi lansia terutama lansia yang masih potensial di dalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan Lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif dan Bermanfaat) melalui 7 (tujuh) Dimensi Lansia Tangguh yaitu dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi emosional, dimensi intelektual, dimensi sosial kemasyarakatan, dimensi professional vokasional dan dimensi lingkungan.

Sekolah Lansia Tangguh

Meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan manusia, yaitu adanya peningkatan usia harapan hidup, yang berarti adanya perbaikan kualitas kesehatan dan kondisi sosial masyarakat yang meningkat. Dalam menyikapi kondisi tersebut, dibutuhkan suatu program pembangunan kelanjutusiaan yang mampu mengayomi kehidupan lansia di Indonesia, salah satunya dengan kehadiran sekolah lansia tangguh ini.

Dengan adanya Sekolah Lansia Tangguh di Kabupaten Malang diharapkan lansia dapat mencapai successful ageing yaitu Lansia yang secara fisik dan psikis serta aktif dalam kegiatan produktif. Harapan tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, SE saat membuka Sekolah Lansia Tangguh.

“Konsep successful ageing adalah penuaan yang terjadi dengan ketiadaan penyakit dan faktor-faktor risiko penyakit, kemampuan fisik dan kognitif yang terjaga, serta keterlibatan dalam aktivitas yang produktif sehingga dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup. Kita seringkali mendengar pepatah mengatakan, Hidup adalah proses belajar yang tidak mengenal batasan umur dan tidak mengenal kata tua”. Ungkap Arumi mengawali sambutannya.

Senada dengan Ibu Arumi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim Dra. Maria Ernawati, MM menjelaskan walaupun pada usia lansia mengalami penurunan pada fungsi fisik, kognitif dan afektif, hal tersebut bukanlah penyakit melainkan suatu proses degenari yang akan dialami oleh setiap manusia. Oleh karenanya Ibu Maria Ernawati menghimbau para lansia agar terus belajar agar dapat mempertahankan fungsi-fungsi fisik dan psikis.

Sekolah Lansia Tangguh Kabupaten Malang akan digelar selama minimal 6 bulan dengan 12 kali pertemuan di  Kecamatan yaitu Kecamatan Singosari, Kecamatan Dau 35 peserta, Kecamatan Sumberpucung 35 peserta dengan 160 peserta lansia. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here