Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat Digelar BKKBN Jatim di Lamongan

0
538 views
Bangga Kencana || Surabaya – BKKBN Jatim (Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional provinsi Jawa Timur) menggelar wisuda Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Kabupaten Lamongan. Kamis (26/11/2021) di kantor BKKBN Jatim.

Hadir dalam acara, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, S.E., Plt Kepala BKKBN Prov. Jatim Waluyo Ajeng Lukitowati, S.St, M.M., Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Prop. Jatim.

Hadir juga Bupati Lamongan Dr. H. Yuronur Efendi, MBA., Ketua TP-PKK Kabupaten Lamongan, Hj. Anis Kartikawati Yuhronur Efendi, S.Kep. Ners, beserta para pengurus,  Wakil Rektor III Universitas Ciputra, Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog, beserta Dosen Pendamping SOTH Lamongan,  Kepala Dinas PPKB Kab Lamongan beserta jajaran, Sekretaris dan Koordinator di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Suhartuti, dalam laporannya menerangkan masa balita sangat penting dan peran orang tua sangat lah diperlukan. “Masa balita merupakan masa yang tepat untuk membangun pondasi dasar baik fisik maupun psikis seseorang terlebih di masa 1000 HPK. Masa yang disebut juga dengan masa emas (Golden Age) yang menentukan masa depan seseorang. Peran orang tua dan keluarga sangatlah penting dan perlu diperhatikan, sebab pada masa ini otak dan fisik bertumbuh secara maksimal,” ujarnya.

 

Suhartuti juga menerangkan BKKBN memiliki peran dalam membangun keluarga, mengembangkan Sekolah Orang Tua Hebat yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat anak Balitanya.

“Dalam acara hari ini mengukuhkan secara resmi para peserta yang telah mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat dari Pertemuan Awal hingga Pertemuan ke 13 dan dinyatakan lulus,” tutur Suhartuti.

Acara wisuda digelar hari ini dihadiri para peserta berjumlah 285 orang yang terdiri dari 116 orang peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) yang telah dinyatakan lulus dan siap diwisuda dari 5 (lima) kelas yang terdiri dari Kalitengah dari 30 peserta lulus 28, Kembangbahu dari 30 peserta lulus 17, Lamongan dari 30 peserta lulus 20, dan Sarirejo dari 30 peserta lulus 25, serta Sukodadi dari 30 peserta lulus 27.

Masing-masing kelas dalam wisuda ini diwakili oleh 2 peserta yang mendapat nilai terbaik 1 dan terbaik 2 , sehingga ada 10 orang yang diwisuda secara langsung oleh ketua TP-PKK Jatim, Arumi Bachsin.

“Terima kasih kepada Ibu Ketua TP-PKK Provibsi Jatim disela-sela kesibukannya berkenan hadir untuk mewisuda peserta SOTH Kab. Lamongan, Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati Lamongan yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan SOTH dan berkenan hadir dalam wisuda,” ujar Suhartuti.

Suhartuti juga mengucapkan terimakasih kepada Universitas Ciputra yang berkenan mendampingi pelaksanaan SOTH dan hadir untuk mewisuda. “Terimakasih seluruh pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang telah membantu terselenggarakannya kegiatan SOTH maupun Wisuda ini,” pungkas Suhartuti.

 

Arumi Bachsin dalam arahannya menerangkan masa depan suatu bangsa ditentukan oleh generasi penerus. “Kualitas generasi penerus antara lain ditentukan oleh kualitas pengasuhan Dimas balita,” ujar  Arumi.

“Kita memang tidak dapat memilih dilahirkan oleh orangtua seperti apa. Namun kita dapat memilih akan menjadi orangtua seperti apa. Anak – anak hebat dilahirkan oleh orangtua hebat. Maka kita harus menjadi orangtua hebat,” tutur Arumi.

Dalam kesempatan itu, Arumi sebagai ketua tim penggerak PKK Provinsi Jawa Timur mengamanatkan pengembangan Sekolah orangtua hebat di kabupaten Lamongan kepada ketua tim penggerak PKK kabupaten Lamongan.

“Saya ketua tim penggerak PKK kabupaten Lamongan beserta jajaran dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kabupaten Lamongan bersedia mengembangkan sekolah orang tua hebat di kabupaten Lamongan dengan membangun sinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak dan lintas sektor yang berkompeten dalam pengembangan sekolah orangtua hebat,” pungkas ketua tim penggerak PKK kabupaten Lamongan, Anis Yuhronur Efendi, S.Kep.Ners, menerima amanat dari Arumi Bachsin. @red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here