Kaper BKKBN DIY Menghadap Bupati Gunungkidul Untuk Akhiri Rangkaian Kunjungan

0
75 views
Bangga Kencana || Yogyakarta – Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN DIY Shodiqin S.H, M.M., mengakhiri rangkaian kunjungan kepada seluruh Kepala Daerah di wilayah kerjanya dengan menghadap Bupati Gunungkidul Sunaryanta Rabu, 24 September 2021 di ruang kerjanya.

Maksud kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Perwakilan BKKBN DIY yang baru, sekaligus mohon dukungan Kepala Daerah bagi suksesnya Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Kepala Perwakilan sekaligus menyampaikan salam dan pesan Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K), bahwa dengan ditunjukknya BKKBN sebagai Koordinator penanganan masalah stunting, telah diluncurkan beberapa program unggulan antara lain DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) dan program yang bersifat preventif seperti Pembentukan Tim Pendamping Keluarga (TPK), Mahasiswa Penting (Mahasiswa Peduli Stunting), dan Aplikasi ELSIMIL (Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil).

Terkait Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang dibentuk sampai di tingkat lini lapangan, tim ini bertugas melakukan pemantauan kepada calon pengantin dan pendampingan kepada keluarga-keluarga rawan stunting. Di Kabupaten Gunungkidul ditargetkan 356 Tim dan sudah terbentuk seluruhnya. Selanjutnya kepada seluruh TPK akan diberikan pelatihan oleh Latbang BKKBN.

Kepala Perwakilan juga melaporkan hasil Pendataan Keluarga yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambilan kebijakan dan perencanaan kegiatan karena data yang dihasilkan adalah data mikro yang diperoleh melalui sensus (bukan sampling) sehingga akurasinya terjaga.

Bupati Gunungkidul menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Perwakilan BKKBN DIY dan menyampaikan dukungannya bagi pencapaian target program Bangga Kencana di wilayahnya. Bupati menyampaikan bahwa sepertiga penduduk Gunungkidul adalah kaum Lansia.

Harapannya program-program dan kegiatan yang dilakukan juga menjangkau para Lansia tersebut. Bupati berharap Kepala Perwakilan yang baru akan mampu memenuhi target kinerja dan Pemerintah Daerah siap melalui perangkat daerah yang terkait siap bersinergi dengan BKKBN meningkatkan kualitas keluarga- keluarga di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kunjungan ini Kepala Pewakilan disertai Sekretaris, Koordinator Bidang ADPIN, Koordinator Bidang Latbang, dan Humas. Sedangkan Bupati didampingi Kepala DP3AKBPMD Drs. Sujarwo MSi. dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Dra. Siwi Iriyanti M.Si.

Setelah selesai audiensi dengan Bupati, Kepala Perwakilan Shodiqin dan para pejabat melakukan koordinasi teknis dengan Kepala DP3AKBPMD Sujarwo dan jajarannya di kantor DP3AKBPMD @red

Pranata Humas/ Danarto SY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here