102 Orang Tua Hebat di Wisuda BKKBN Jatim

0
68 views
Bangga Kencana || Surabaya – Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur me-wisuda 102 orang tua hebat. Juni 2021, BKKBN membuka Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat, demi meningkatkan kualitas generasi penerus di Indonesia. SOTH diikuti 120 orang dan yang berhasil lulus dan menjalani wisuda sebanyak 102 orang.

Kordinator KS-KP Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Suhartuti menjelaskanSOTH ini diadakan secara intensif dan bertahap, dengan pertemuan tatap muka sebanyak empat belas kali. Sebanyak dua kali dalam satu minggu, yakni setiap Hari Jumat dan Sabtu. Sehingga segala materi dapat diberikan kepada peserta dan dipahami dengan baik, serta dilaksanakan dengan lancar.

“Tujuan Kegiatan Mengukuhkan secara resmi para peserta yang telah mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat dari Pertemuan Awal hingga Pertemuan ke 13 dan dinyatakan lulus,” kata Suhartuti dalam acara Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat, (5/11) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

 

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf mengatakan peran ayah bunda sebagai pendidik berperan sangat penting. Orang tua adalah mitra sejati para pendidik.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Jatim yang telah memilih Kabupaten Pasuruan sebagai percontohan Sekolah Orang Tua Hebat di Jawa Timur,” kata Lulik.

Kami selalu bekerja sama dengan dinas dan bkkbn mereplikasi sekolah orang tua hebat ini ke seluruh kecamatan. Di Kabupaten Pasuruan ada 22 kecamatan sedangkan percontohan sekolah orang tua hebat ada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pandaan dan Kecamatan Rejoso.

Ditempat yang sama, PLT Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, W Ajeng Lukitowati menjelaskan Sekolah Orang Tua Hebat digagas oleh BKKBN ini merupakan terobosan yang strategis melalui pemberian pendidikan yang intensif kepada para keluarga balita.

“Program SOTH diharapkan akan terwujudnya kesadaran orang tua, anggota keluarga lainnya dan masyarakat tentang pentingnya pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak untuk kemandirian , kepercayaan diri dan karakter anak. Secara khusus tersosialisasinya delapan fungsi keluarga, meningkatkan pemahaman orang tua dan keluarga tentang pengasuhan dan tumbuh kembang anak dan balita, meningkatkan peran ayah dalam pengasuhan anak serta memperkenalkan pentingnya upaya mempersiapkan keluarga agar menjadi orang tua hebat dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anak dan balita.

“SOTH di Kabupaten Pasuruan ini merupakan SOTH yang pertama kali nya di Jawa Timur menjadi pilot project telah dilaksanakan dengan baik meskipun di tengah pandemi” jelasnya.

Ke-102 orang wisudawati ini langsung di wisuda oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak. Dalam sambutannya Arumi menjelaskan melalui SOTH yang dilakukan secara singkat, terukur dan dibawah pendampingan para fasilitator baik dari provinsi dan kabupaten serta dari tenaga profesional yaitu dari Universitas Surabaya diharapkan seluruh peserta SOTH Kebupaten Pasuruan yang dinyatakan sudah lulus untuk tetap semangat dalam menerapkan pembelajaran yang sudah didapatkan.

“Selain terus menerapkan pembelajaran, diharapkan peserta SOTH yang sudah lulus ini juga bisa menyebarkan luaskan ilmu pengasuhan yang sudah didapatkan di SOTH ini,” terang Arumi. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here