Kaper BKKBN Jatim Pembinaan Kader KB dan Audensi dengan Bupati Pacitan

0
25 views

Bangga Kencana || Pacitan – Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso.,M.Pd., melakukan kunjungan Kerja ke Kabupaten Pacitan, Kamis, 6 Mei 2021, dalam kunjungan yang didampingi  oleh Koordinator Bidang Latbang, Sukamto, SE.,M.Si.

Beliau melakukan Pembinaan terhadap Penyuluh KB Kabupaten Pacitan, di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kabupaten Pacitan serta melakukan Audiensi dengan Bupati Pacitan terpilih Tahun 2021, Indrata Nur Bayuaji, S.S.

Dalam kegiatan pembinaan Penyuluh KB Kabupaten Pacitan, Bapak Teguh Memberikan motivasi kepada para Penyuluh KB untuk terus meningkatkan pelayanan KB di tengah Pandemi Covid-19. “Selama masa Pandemi kita harus tetap berkomitmen dalam pemberian pelayanan. Dari Provinsi karena kami tidak dapat melakukan intervensi secara langsung ke lapangan, kami akan memberikan dukungan penuh terhadap teman-teman di Lini Lapangan baik dukungan pendistribusian alokon di faskes, bahan pembinaan di terutama dalam hal Kepegawaian, kami akan memberikan support penuh dan cepat untuk memastikan proses kepegawaian, baik kenaikan pangkat, jabatan, maupun pemberian tunjangan,“ tutur Pak Teguh.

Pak Teguh menuturkan bahwa para penyuluh harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dan yang tidak kalah penting menjaga kesehatannya. “Yang penting jaga kesehatan diri sendiri dan juga keluarga,” lanjutnya.

Terkait dengan pelaksanaan Pendataan Keluarga 2021 di Kabupaten Pacitan yang masih ditemui kendala teknis di lapangan oleh Kader, Pak Teguh berharap Para Penyuluh untuk dapat terus memberikan motivasi kepada para kader agar pelaksanaan pendataan keluarga ini berjalan dengan baik karena beliau yakin bahwa data yang akan dihasilkan oleh pelaksanaan pendataan ini akan sangat bermanfaat bagi kinerja tenaga lini lapangan di masa yang akan dating. “Data ini sangat penting, ini tidak hanya untuk kepentingan pengambil kebijakan, tetapi para tenaga lini lapangan justru lebih memerlukan data tersebut agar dalam melaksanakan program-programnya lebih tepat sasaran, untuk itu temen-temen Penyuluh KB harus dapat memberikan motivasi kepada para kader apabila mereka menghadapai permasalahan di lapangan, agar pelaksanaan pendataan ini berjalan dengan baik,” paparnya.

Pak Teguh Juga mengingatkan bahwa teman-teman penyuluh kb agar terus memperhatikan perkembangan stunting di masing-masing wilayahnya dan melakukan pendampingan terhadap sasaran yang memiliki resiko tinggi terhadap stunting, meskipun demikian beliau mengingatkan kepada para Penyuluh KB untuk tidak meninggalkan.

“Stunting ini merupakan prioritas program nasional dan sinergitas dukungan berbagai pihak kita butuhkan, bapak dan ibu boleh memfokuskan perhatian terhadap percepatan penurunan stunting ini, akan tetapi tugas utama dan rutin bapak dan ibu  sebagai penyuluh KB jangan sampai untuk ditinggalkan,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan audiensi bersama Bupati Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan, Pak Teguh selain memaparkan program prioritas BKKBN Tahun 2021. Beliau juga menyampaikan perlunya dukungan kelembagaan dari pemerintah daerah untuk memaksimalkan kinerja Program Bangga Kencana terutama program yang menjadi bagian prioritas nasional seperti penurunan stunting.

“BKKBN diberikan mandat sebagai koordinator oleh pemerintah dalam percepatan penurunan stunting, yang mana Tahun 2024 harus sudah di angka 14% saat ini di Jawa Timur masih di angka 26,86 itu artinya Jawa Timur harus menurunkan 12,86% di sisa waktu 3,5 tahun ini, Untuk mencapai kondisi tersebut tentunya dibutuhkan kerja  keras, kerjasama, kolaborasi dari berbagai sektor dan terutama dukungan dari Bapak Bupati,” paparnya.

Sementara itu Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, S.S., megungkapkan siap memberikan dukungan dan keberlanjutan program yang selama ini telah berjalan dengan baik di kabupaten Pacitan. “Insya Allah program-program yang selama ini berjalan dengan baik akan kami pertahankan, termasuk kelembagaan dan dukungan kami terhadap para kader, kami perlu melakukan musyawarah dengan jajaran Forkominda Kabupaten Pacitan untuk kedepannya apa yang perlu ditingkatkan dalam dukungan kami terhadap program Bangga Kencana di Kabupaten Pacitan,” pungkasnya.

Indrata Nur Bayuaji, S.S., merupakan Bupati terpilih di Kabupaten Pacitan untuk periode 2021-2024 dan akan melakukan serah terima jabatan Bupati yang dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur pada hari Jumat, 7 Mei 2021. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here