Kades Deketagung Bertekad Jadikan Kabupaten Lamongan Menjadi Kampung KB Nomor satu

0
100 views

Bangga Kencana || Lamongan – Kendati baru diresmikan menjadi kampung KB pada Tanggal 18 Desember 2020, Kepala Desa (Kades) Deketagung, Mujiono, bertekad menjadikan Kampung KB di desanya menjadi Kampung KB Nomor satu di tingkat Kabupaten Lamongan, dan bisa berprestasi menjadi Kampung KB Percontohan di Tingkat Provinsi Jawa Timur, hal itu diungkapkan pada kegiatan kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur di Kampung KB, Senin 03 Mei 2021.

“Ketika saya diminta oleh Ibu Kadis PPKB Lamongan untuk mengembangkan wilayah kami menjadi Kampung KB, kami sampaikan kepada para kader dan aparat Desa Deketagung untuk total mengembangkan Kampung KB ini, Kalau kita menerima pekerjaan sesuatu harus totalitas dalam pengerjaannya, kalau setengah-setengah lebih baik tidak, untuk itu kami pastikan bahwa kami bersama Kader Kampung KB Deketagung ini semangat dalam pengembangan Kampung KB, kami ketika diresmikan menjadi kampung kb yang ke 106 akan tetapi harapan kami bisa menjadi Kampung KB nomor 1 di Lamongan,” ujar Pak Mujiono.

Setelah dikirim oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan,  Ibu Umuronah, S.ST., M.Kes., untuk study banding ke Kampung KB Percontohan Tingkat Provinsi Jawa Timur, Kampung KB Jambewangi, Sempu, Banyuwangi, untuk mengembangkan potensi Kampung KB di wilayahnya menjadi salah satu yang terbaik di Lamongan, bahkan di Jawa Timur. Mengapa demikian?. Karena Mujiono melihat sebetulnya Deketagung punya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Baik sumber daya manusia maupun alam lingkungan desanya.

“Tinggal bagaimana kita memberi sentuhan kreativitas dan bentuk inovasi. Saya yakin akan berhasil,” tandasnya

Terbukti saat ini prestasi demi prestasi telah diraih Kampung KB Deketagung, diantaranya, Juara I Lomba Kampung KB tingkat Kabupaten Lamongan, Juara Harapan Favorit Lomba Kampung Tangguh tingkat Kabupaten Lamongan, dan Juara Genre tingkat Kabupaten Lamongan.

”Dari segi pengembangan perekonomian keluarga,  UPPKS kami juga terus berkembang melalui  produksi unggulan kami, sambel pecel yang sudah bisa di kirim untuk pemesanan hingga ke luar Jawa,” lanjutnya.

Selain itu Mujiono juga memaksimalkan potensi wisata di daerahnya, Sendang bawono untuk menjadi destinasi wisata unik baru di Kabupaten Lamongan. Selama ini banyak desa yang mempunyai sendang. Tapi, Mujiono yang telah berhasil memoles dan menyulap sebuah sendang yang mungil dan jernih menjadi destinasi wisata yang menarik. Bahkan jadi maskot wisata. Untuk melengkapinya, Sendang Bawono ditambahi dengan program komplementernya. Yakni, memanfaatkan pekarangan seluas dua hektar yang penuh pohon buah, ada mangga, rambutan, blimbing, dukuh, dll, untuk dijadikan objek berwisata juga.

“Kita sebut programnya Sensasi Petik Buah Langsung di Pohonnya. Jadi, di lahan pekarangan itu pengunjung boleh berkeliling kebun lalu memetik buah matang yang diinginkannya. Setelah kita timbang baru nanti dibayar. Ada sensasi saat proses menggalah atau memetik buah-buahan itu. Terutama buat anak-anak. Menjadi pengalaman baru,” ujarnya.

Untuk meningkatkan dukungan Mujiono juga melakukan Kerjasama dari berbagai sektor dalam pengembangan potensi di wilayahnya. “Kami telah melakukan penandatanganan MoU dengan Perhutani dan Pengelola Bengawan Solo bengawan Solo yang ada di area perhutani sebagai tempat wisata desa agar ada destinasi baru tempat wisata di Lamongan,” paparnya.

Dari segi fasilitas pelayanan Kesehatan ke depannya Mujiono juga akan merencanakan pembangunan klinik rawat jalan yang pengelolaannya menjadi milik Desa. “Anggaran dari dana desa, kami akan kembangkan untuk klinik rawat jalan, semacam klinik Kesehatan yang pengelolaan dan kepemilikannya oleh dessa, mohon bantuan untuk perizinan nya,” pungkasnya

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Lamongan, Ibu Umuronah, S.ST.,M.Kes siap mendukung penuh berbagai inovasi Kepala Desa Deketagung untuk pengembangan Kampung KB Deketagung menjadi lebih baik ke depannya.

“Jumlah Desa di Kabupaten Lamongan ini termasuk salah satu yang terbanyak di Indonesia, secara kuantitas dapat dikatakan jumlah Kampung KB di Lamongan juga terbanyak di Indonesia, secara kuantitas saya bisa mengatakan kami adalah yang terbaik, tapi belum secara kualitas nya, masih banyak hal yang harus kami kembangkan untuk menjadikan Kampung Kb di Lamongan menjadi lebih baik, kami tentu membutuhkan banyak figure seperti Bapak Mujiono ini yang sangat total dalam pengembangan wilayahnya melalui inovasi baru yang luar biasa, kami tentu akan mendukung dalam perkembangannya” tutur Bu Umuronah

Senada dengan Kepala Dinas PPKB Kabupaten Lamongan, Bapak Sukaryo Teguh, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur juga siap memberikan dukungan dalam pengembangan Kampung KB di Desa Deketagung.

“Pembelajaran ke Kampung KB Jambewangi sudah sangat tepat, Kampung KB Jambewangi merupakan Kampung KB Percontohan tingkat Provinsi yang sudah memasuki klasifikasi paripurna, banyak inovasi yang bisa kita pelajari disana, untuk bisa membantu pengembangan Kampung KB di Deketagung ini, puskesmas saja disana sudah bisa menjadi Mall Layanan Kesehatan dengan kemasan pelayanan yang menarik,” papar Pak Teguh.

Pak Teguh berharap dengan dibangunnya Klinik Desa di wilayah Deketagung dapat membantu program pelayanan KB. “Inisiatif untuk mendirikan Klinik Sehat ini sangat menarik, saya berharap ini dapat membantu juga untuk pelayanan KB nya, bila nanti sudah berdiri kami tentu akan memastikan agar ketersediaan Alat Kontrasepsi akan terus ada sehingga dapat terus memberikan pelayanan kepada masyarakat” pungkasnya. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here