Liputan 6 dan Kepala BKKBN Pusat Gelar Acara Tahunan Peringati Hari Kartini Dengan Mengadakan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia

0
30 views

Bangga Kencana || Jakarta – Memperingati Hari Kartini, Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) memandu diskusi menarik secara daring soal perempuan dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia tahun 2021 yang digelar Liputan6.com, Rabu (21/04/2021).

Hadir dalam diskusi, Andien selebritas dan penyanyi yang mewakili Ibu zaman now. Irene Kharisma Sukandar, Grand Master Catur Indonesia yang belakangan viral. Kemudian Hanin Dhiya, penyanyi muda, YouTuber, sekaligus influencer yang mewakili perempuan milenial, dan Direktur Konsumer BRI, Handayani mewakili perempuan inspiratif.

Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) membahas banyak hal kepada empat panelis dengan tema yang berbeda-beda. Utamanya hal yang dibahas adalah isu kesehatan pada perempuan, seputar makna Hari Kartini. Juga membahas seputar peran perempuan di keluarga. Andien dan Hanin Dhiya menyoroti tentang pentingnya kesehatan reproduksi bagi perempuan.

“Saya selain penyanyi juga merasa punya tanggung jawab sebagai perempuan, saya waktu SMA pernah punya tumor payudara, dari situ saya banyak menyelami perbaikan-perbaikan dalam diri yang menuntun saya hingga hari ini. Saya banyak berbincang, bagaimana kita bisa saling memperhatikan kesehatan reproduksi,” kata Andien

Menurutnya, asupan untuk tubuh menjadi hal yang paling penting untuk kesehatan perempuan. Tidak hanya asupan makanan, tetapi asupan informasi juga tidak kalah penting.

“Kita harus tahu bagaimana asupan kita, apa yang kita makan tentu berpengaruh dengan diri kita. Gak hanya makanan fisik ya, tapi juga asupan informasi, makanan jiwa, itu berpengaruh. Ibu yang sehat akan melahirkan anak-anak yang sehat, yang akan jadi generasi berikutnya yang sehat. Negara yang sehat harus dihuni oleh masyarakat yang sehat,” jelas Andien.

Senada dengan Andien, sebagai generasi muda, Hanin Dhiya juga menambahkan akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dengan menjauhi hubungan seks bebas.

“Dari yang paling mendasar, mengonsumsi makanan, sama seperti yang disebut mbak andien, olahraga dan istirahat yang cukup juga penting, karena sekarang kaum milenial, saya sebagai mahasiswi merasa tugas juga cukup menyita waktu harus begadang, jadi istirahat itu penting, di samping itu, menghindari seks bebas, harus begitu menjaga organ reproduksi yang begitu sensitif,” bebernya.

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia adalah acara tahunan yang digelar Liputan 6 sejak tahun 2016. Tahun ini terselenggara dengan tajuk “Tetap Hebat di Masa Pandemi.” Pada acara ini hadir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here