Dinas PPKBPP Kab. Mojokerto Tingkatkan Program Ketahanan Remaja Melalui Pembinaan bagi Pengelola GenRe

0
103 views
Dinas PPKBPP Kab. Mojokerto Tingkatkan Program Ketahanan Remaja Melalui Pembinaan bagi Pengelola GenRe

Mojokerto, Banggakencana.net: Generasi Berencana atau GenRe merupakan icon dari Program Ketahanan Remaja yang merupakan bagian dari program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Dengan adanya GenRe diharapkan para remaja mampu menjadi generasi yang berkarakter, mengetahui, memahami dan berperilku positif tentang kesehatan reproduksi sehingga dapat meningkatkan kualitas generasi mendatang.

Hari ini Sabtu, 20 Maret 2021, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mojokerto menggelar Pembinaan Duta GenRe, Insan GenRe dan Saka Kencana di aula Stikes Bina Sehat PPNI Mojokerto.

Pembinaan ini diikuti oleh 70 remaja yang tergabung ke dalam pengurus Insan (Ikatan Satuan) GenRe, Duta GenRe dan Saka Kencana. Selain itu, pembinaan juga diikuti oleh para Penyuluh KB pembina dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Dengan begitu, baik pengelola GenRe maupun pembina di kecamatan dapat memahami peran dan strategi yang perlu dilakukan dalam rangka peningkatan program Ketahanan Remaja.

Pembinaan dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang K3 dan jajaran Dinas PPKBPP Kabupaten Mojokero. Hadir juga sebagai Narasumber dalam pembinaan kali ini adalah Haydar Iskandar, selaku Ketua Umum Insan GenRe Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PPKBPP, Drs. Joedha Hadie S.E.S.B menyampaikan beberapa tangangan remaja yang sedang dihadapi dan marak terjadi di Kabupaten Mojokerto. Joedha Hadie menyampaikan bahwa remaja saat ini merupakan aset berharga bagi masa depan bangsa, tapi juga menjadi kehawatiran apabila tidak disiapkan dengan baik.

“Para pengelola GenRe harus menjadi pelopor dan pelapor. Karena banyak remaja di luar sana yang beresiko melakukan kenakalan seperti kehamilan di luar nikah, menyalahgunakan narkoba dan lain-lain. Figur GenRe harus dapat menjadi contoh dan motivator bagi teman sebayanya. Kemudian jangan segan untuk berkonsultasi kepada kami apabila menemukan permasalahan di lapangan, kami beserta Penyuluh KB siap memberikan fasilitasi kepada remaja di Kabupaten Mojokerto,” kata Joedha Hadie.

Sedangkan Haydar Iskandar, dalam materinya menyampaikan peran dan strategi remaja untuk dapat menjadi generasi milenial yang berkualitas.

“Remaja yang keren adalah remaja yang semangat, produktif dan selalu memberikan kontribusi positif. Saya yakin bahwa remaja punya banyak sekali ide yang gemilang, maka sudah saatnya para remaja mengubah ide tersebut menjadi karya nyata untuk bangsa. Jadilah remaja yang baper yaitu bawa perubahan, lakukan perubahan mulai dari diri sendiri dan mulai dari yang terkecil,” kata Haydar Iskandar.

Dinas PPKBPP Kabupaten Mojokerto berharap para peserta kegiatan dapat memahami materi yang telah disampaikan dan paham akan peran selanjutnya, serta dapat menularkan ilmu yang telah diterima hari ini kepada teman sebayanya. Dengan demikian, remaja yang terpapar dengan program Ketahanan Remaja akan semakin meningkat.

Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur akan terus mendukung segala bentuk kegiatan yang berdampak pada peningkatan ketahanan remaja seperti pada kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas PPKBPP Kabupaten Mojokerto. Beliau juga berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan dimonitoring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here