Internalisasi Pengasuhan 1000 HPK Melalui Orientasi BKB KIT Stunting di Kab. Kediri

0
953 views

Bangga Kencana || Kab.Kediri – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Internalisasi Pengasuhan 1000 HPK melalui Orientasi BKB KIT Stunting di Kabupaten Kediri, Kamis (18/3/2021).

Hadir dalam acara, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., diwakili Pejabat Fungsional koordinator bidang KS-PK, Drs.Suhartuti, M.M., kepala dinas P3AKB, para peserta diantaranya pengelola BKB kab.Kediri, PKB pembina wilayah Stunting, dan kader BKB dari desa lokus Stunting.

Kaper BKKBN Jatim melalui koordinator bidang KS-PK menerangkan proyek Prioritas Nasional (Pro PN) Pencegahan dan penurunan stunting merupakan langkah strategis dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang Tangguh.

“Berbagai sektor berperan sesuai dengan fungsi masing-masing. Salah satu peran BKKBN adalah dalam hal parenting atau pengasuhan melalui promosi dan KIE pengasuhan 1000 HPK bagi keluarga Baduta dan ibu hamil,” ujar ibu Suhartuti.

“Kegiatan dilapangan dikemas dalam BKB EMAS (Bina Keluarga Balita Eliminasi Masalah Anak Stunting). Dalam menjalankan BKB EMAS ada BKB EMAS KI atau BKB Kit stunting yang telah diadakan melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) Penugasan. Agar Kit tersebut dapat dipergunakan dengan benar perlu diadakan orientasi BKB Kit stunting,” pungkas ibu Suhartuti.

Kesempatan itu, Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Kediri menerangkan bahwa Kabupaten Kediri bersama tenaga lapangan siap mendukung promosi dan KIE 1000 HPK di Kabupaten kediri.

“Pro PN pencegahan dan penurunan stunting merupakan program sinergi dari berbagai secjtor, harus dibangun jerjasama dan koordinasi yang baik di berbagai tingkatan wilayah,” ujar beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan orientasi BKB Kit Stunting selama 2 hari, materi telah diberikan kepada seluruh peserta melalui pertemuan virtual selama 2 hari yang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 maret 2021 melalui zoom meeting.

Kegiatan berupa pertemuan tatap muka yang dilaksanakan di hotel Merdeka kab Kediri ini lebih banyak simulasi atau praktek pertemuan 1 – 6 sesuai dengan modul BKB EMAS. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here